-->

Untung Rugi Belanja Online, Siapkah Risikonya?

Keuntungan dan kerugian belanja online. Berbelanja di dunia maya mengasyikkan, namun kehati-hatian tetap harus ekstra. Minat pengguna internet dalam berbelanja online terus meningkat seiring kemampuan mereka mengikuti perkembangan gadget dan media sosial.

Salah satu kelebihan yang menarik dari belanja online bagi konsumen adalah praktis dan efisien. Namun, belanja melalui internet juga masih banyak kekurangan terutama dari segi jaminan keamanan dan kepastian transaksi.

Untung Rugi Belanja Online

Keuntungan Belanja Online


Banyak alasan yang mendorong seseorang lebih memilih belanja online, karena beberapa keuntungan yang mereka bisa rasakan sebagai konsumen diantaranya :

1. Lebih hemat beli produk promo


Hal yang paling mudah untuk menarik perhatian konsumen adalah diskon. Karena itu hampir semua situs e-commerce atau toko online saat ini melakukan promo dengan berbagai cara.

Memberi potongan harga dengan jangka waktu terbatas, diskon untuk pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu, serta promo cash back dan sebagainya.

2. Ongkos belanja lebih murah


Salah satu kelebihan belanja online adalah efisien dari segi ongkos transportasi. Ketika belanja produk tertentu di toko online kita pasti akan dikenakan biaya ongkos kirim.

Namun, ongkos tersebut terkadang lebih murah ketimbang Anda berbelanja langsung ke mal atau pusat perbelanjaan.

Banyak juga situs e-commerce yang membebaskan biaya kirim untuk wilayah tertentu atau produk tertentu yang sedang dipromosikan, bahkan ada yang memberikan free shipping untuk semua produk seperti yang ada di Lazada.com.

3. Membandingkan harga lebih mudah


Dengan belanja online kita dapat lebih menghemat waktu. Anda tak perlu berkeliling toko dan pusat perbelanjaan hanya untuk membandingkan harga produk yang diincar.

Cukup buka beberapa situs toko online dan bandingkan harganya. Tanpa harus beranjak dari rumah atau meninggalkan kesibukan pekerjaan di kantor. Anda tetap dapat membeli barang yang diinginkan dengan harga terbaik.

Similar pos : Tips Belanja Online, “Pikir Dulu Sebelum Klik!”

Kerugian Belanja Online


Jangan hanya lihat untungnya semata. Pertimbangkan juga beberapa kerugiannya seperti berikut ini :

1. Potensi penipuan


Salah satu kelemahan paling mencolok dari berbelanja online adalah tidak bertemunya penjual dan pembeli secara langsung.

Sistem transaksi dilakukan dengan bayar dimuka. Pembeli harus melakukan transfer uang terlebih dahulu, baru kemudian barang dikirim oleh penjual. Posisi pembeli di sini lebih lemah, sehingga potensi untuk terjadinya penipuan cukup besar.

2. Wujud produk tidak tersentuh


Kelemahan lain belanja online adalah wujud barang yang tidak dapat dilihat dan disentuh langsung oleh pembeli.

Konsumen hanya bisa melihat sampel produk dalam bentuk foto. Selain itu, kita tidak bisa memilih atau mengecek kualitas produk.

Pada produk fashion misalnya, kita tidak bisa mengecek kualitas bahan, kondisi jahitan, dan sebagainya.

3. Mendorong belanja impulsif


Melihat berbagai produk dengan potongan harga atau diskon, sering kali membuat mata kita terutama perempuan berbinar.

Saat ini banyak e-commerce yang menggunakan system impulsive buying. Setiap harinya akan ditawarkan produk dengan potongan harga melalui email blast.

Barang yang awalnya tidak dibutuhkan bisa menjadi kebutuhan dan kemudian dibeli dengan alasan “kapan-kapan pasti berguna” atau “mumpung harga sedang diskon”.

Mulai sekarang, timbang-timbang dulu jeng untung ruginya sebelum Anda berniat belanja online.

Moga info ini bisa berguna. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel