-->

Tips agar Barbeque Aman

Tips memanggang barbeque. Acara barbeque manjadi penutup malam pergantian tahun yang umum dilakukan. Agar meninggalkan kesan mendalam dan aman, karena sering terjadi kebakaran saat acara barbeque. Perlu persiapan yang detail. Apa saja yang sebaiknya dilakukan ?

persiapan proses barbeque yang aman

Persiapan Sebelum Barbeque

  1. Jika terlanjur berbelanja beberapa hari sebelum acara dan harus memasukkan bahan -bahan seperti daging dan seafood kedalam freezer, sebaiknya 24 jam sebelum diolah pindahkan dari freezer ke dalam kulkas.
  2. Tusuk-tusuk daging menggunakan garpu, lumuri dengan bumbu, tutup rapat menggunakan plastik wrap, simpan dalam kulkas selama 8-12 jam sebelum dipanggang.
  3. Daging ayam bertulang, sebaiknya dibumbui dahulu dan simpan dalam kulkas miimal 6 jam sebelum dipanggang. Daging ayam fillet, cukup dibumbui dan disimpan dalam kulkas selama 2 jam.
  4. Pili udang dan ikan yang benar- benar segar, segera bersihkan dan simpan dahulu dalam freezer. Minimal 5 jam sebelum dibumbui, bahan harus dipindah ke rak  kulkas.
  5. Kupas kulit udang, belah punggungnya dan buang benang hitam yang ada dalam punggung. Benang hitam ini adalah kotoran udang dan merupakan sumber kolesterol. Punggung udang yang dibelah juga membuat bentuk udang lebih cantik.
  6. Perciki udang atau ikan dengan air jeruk nipis atau lemon yang belum dibumbui. Ini berguna untuk menghilangkan aroma amis.
  7. Jangan menggunakan talenan yang sama pada daging mentah dan matang, atau talenan memotong daging mentah dengan talenan untuk meniris sayuran.
  8. Potong- potong sayuran pelengkap untuk shaslik dan kebab dengan ukuran yang sama dengan daging. Pilih sayuran berteksture keras seperti paprika, ubi merah, bawang Bombay, bawang merah dan jamur. Agar sayuran matang bersamaan dengan daging.
  9. Jika merendam daging dalam bumbu perendam, jangan gunakan bumbu yang sama  untuk olesan selama pemanggangan. Siapkan dalam wadah sendiri.
  10. Ada baiknya rebus dahulu bumbu perendam agar bakteri berbahaya didalam nya mati.
  11. Bedakan penjepit makanan untuk bahan mentah dan makanan yang telah matang.
  12. Gunakan kuas berbulu kuat untuk mengolesi bahan yang dipanggang, agar bulu tidak rontok dalam makanan.
  13. Usai memanggang, gunakan piring bersih untuk menyajikan. Jangan meletakan daging matang di atas piring yang digunakan sebagai wadah daging mentah.

Proses Pemanggangan Barbeque

  1. Gunakan arang berbahan kayu bakar, bukan dari batok kelapa. Arang batok kelapa cepat menjadi bara, tetapi rawan terbang karena ringan. Jika arang terbang, bisa membakar benda lain di sekitarnya.
  2. Jangan sesekali menuang bahan bakar cair ketika api dalam alat pemanggang telah menyala.
  3. Jangan menggunakan garpu untuk membolak- balik daging panggang, tapi gunakan penjepit khusus. Mencolok-colok daging pakai garpu hingga berlubang akan membuat jus daging hilang, sehingga daging kering dan liat.
  4. Hati-hati dengan ceceran jus daging yang menetes ke alat pemanggang, karena berpeluang menimbulkan percikan api yang membahayakan dan sulit dibersikan.
  5. Atur nyala api dengan jenis daging yang diolah. ada beberapa jenis daging yang sebaiknya dimasak secara cepat dengan api besar. Ada yang harus menggunakan api sedang, bahkan api kecil.
  6. Jangan pernah meninggalkan panggangan dalam kondisi menyala tanpa pengawasan. Kobaran api bisa muncul kapan saja dan merambat secara cepat.
  7. Pastikan posisi alat pemanggang jauh dengan pagar atau dinding rumah yang berbahan kayu, karena bisa menyebabkan kobaran api yang besar.
  8. Peralatan memanggang harus dibersihkan setiap habis digunakan. Gunakan sikat khusus pembersih penggangan selagi masih panas, untuk melepaskan sisa makanan yang menempel/tertinggal.
  9. Biarkan pemanggang dingin sampurna sebelum menyeropotkan cairan pembersih untuk mencegah munculkan percikan api yang mungkin saja terjadi saat menyeropotkan cairan yang mengandung zat kimia.

Baca juga jeng artikel ini...
KENALI BAGIAN DAGING SAPI SAAT MEMANGGANG BBQ

Nah itulah bebarapa tips buat Anda yang hobi mengadakan barbeque di halaman depan atau pekarangan belakang rumah Anda. Semoga bisa ada manfaatnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel