-->

Sejuta Khasiat Ajaib Baking Soda

Manfaat baking soda. Suka memasak kukis? Jika ya, baking soda pasti selalu tersedia di dapur Anda. Selain mengembangkan adonan, si sodium bicarbonate ini juga membuat tekstur kukis lebih renyah dan tahan lama.

Tapi, ternyata tidak hanya itu kegunaannya. Apa saja itu? Kita intip yuk jeng!

manfaat baking soda

Manfaat Baking Soda


Dalam baking soda rupanya terkandung berbagai ramuan kimia yang memiliki manfaat luar biasa. Menyulap isi rumah termasuk perabotan dapur Anda agar kembali berkilau dan tetap bersih.

Berikut nominasinya,…

Menghilangkan lemak dan minyak


Lemak yang menempel pada alat makan ataupun alat masak, tak hanya meninggalkan noda lemak yang licin, tapi juga bau tak sedap.

Untuk menghilangkannya, sangat mudah. Rendam dalam air yang telah dibubuhi baking soda. Diamkan selama 5 menit agar lemak larut, kemudian cuci seperti biasa.

Membersihkan noda


Pernah bergelut dengan kotoran dan kerak pada meja dapur atau dinding dapur yang berbahan keramik? Coba bersihkan dengan baking soda.

Caranya, taburkan baking sodapada spons yang telah dibasahi, kemudian gosokkan pada permukaan meja.

Gunakan la basah untuk menghilangkan noda yang telah terkelupas, lalu keringkan meja atau dinding. Nah, selain dapur lebih bersih, suasana menjadi lebih segar karena baking soda juga menyerap bau tak sedap.

Artikel bermanfaat lainnya :
Bagaimana Aromaterapi Bisa Mengubah Hidup Anda

Membersihkan alat pemanggang


Hilangkan kerak yang tertinggal di alat pemanggang dengan larutan baking soda yang pekat. Rendam selama 1 malam, kemudian cucilah seperti biasa.

Mengurangi bau rokok


Cegah aroma asap rokok pada ruangan dengan menaburkan baking soda pada asbak tempat pembuangan abu rokok.

Menghilangkan kerak panci


Kerak bekas sisa makanan yang lengket pada dasar panci ataupun bahkan wajan antilengket juga sulit dihilangkan. Jika digosok dengan keras, lapisan antilengketnya akan terkelupas.

Coba taburkan baking soda ke dalamnya, beri air panas, kemudian rendam semalam. Setelah itu gosok perlahan bagian dasar yang terdapat kerak dan cuci seperti biasa.

Membersihkan karpet


Karpet kotor pasti banyak kumannya dan berbau apek. Taburkan baking soda, diamkan selama 15 menit dan gunakan vacuum cleaner untuk menyerap kotorannya. Ulangi lagi jika merasa karpet belum bersih maksimal.

Menghilangkan bau kulkas


Bagaimana jika bagian dalam kulkas berbau tak sedap? Masukkan baking soda ke mangkuk, dan letakkan dalam kulkas. Baking soda akan menyerap bau tak sedap itu.

Begitupun aroma tak sedap dan noda lemak pada kotak makan yang tidak langsung dicuci.

Untuk menghilangkannya, campurkan air panas dan baking soda. Masukkan dalam kotak makan, dan diamkan hingga campuran ar dan soda itu dingin, kemudian cuci seperti biasa.

Membersihkan perak


Noda pada peralatan makan berbahan perak umumnya sulit dihilangkan. Agar peralatan makan perak kembali bersih seperti baru dan mengilap, buatlah pasta baking soda dengan perbandingan 3:1. Tiga bagian baking soda dan sisanya air.

Gosokkan pasta baking soda pada tiap peralatan tersebut secara perlahan, bilas dengan air hangat, segera keringkan dengan kain lembut.

Menghilangkan noda teh


Warna kecokelatan pada teko the atau kopi yang susah dibersihkan dapat dihilangkan dengan baking soda. Teko akan kembali menjadi putih bersih.

Caranya, taburkan baking soda dan beri air panas di dalamnya. Diamkan selama semalam, kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Membersihkan oven dan microwave


Tumpahan adonan yang mengerak di dasar oven tentu sulit dihilangkan. Taburkan baking soda, beri air sedikit, diamkan semalam.

Esoknya, gosok menggunakan spons basah hingga kerak hilang. Kemudian bersihkan sisanya menggunakan kain basah hingga benar-benar bersih.

Microwave juga dapat dibersihkan menggunakan larutan baking soda. Caranya, campur baking soda dengan air, gosokkan perlahan menggunakan lap basah untuk membersihkan bagian dalam dan luar microwave.

Membersihkan bak cuci piring


Agar tempat cuci piring berbahan aluminium lebih kinclong dan segar aromanya, siram menggunakan air panas setelah selesai digunakan.

Taburkan baking soda kemudian gosok perlahan dan diamkan 5 menit. Siram kembali menggunakan air hingga tempat cuci piring bersih.

Bersihkan juga saluran airnya agar tidak berbau, dengan cara mengguyurkan campuran air panas dengan baking soda dalam lubang pembuangan. Larutan ini berguna untuk melarutkan lemak, menetralisir asam dan bau tak sedap.

Membersihkan spons dan kain pel


Spons pencuci yang kotor mengandung bakteri dan berbau. Agar dapat digunakan kembali, rendam spons dalam air yang dicampur baking soda. Gunakan baking soda lebih banyak jumlahnya dengan air panas.

Kain pel kotor juga bisa dibersihkan menggunakan air yang telah dicampur baking soda dalam jumlah banyak. Setelah itu cuci hingga bersih.

Membersihkan kompor


Larutkan baking soda dengan air hangat, kemudian gosoklah pada permukaan kompor yang penuh noda minyak dan lemak.

Setelah itu, lap menggunakan kain basah dan keringkan agar tidak ada noda yang menempel.

Membersihkan lantai


Bekas minyak dan noda di lantai harus segera dibersihkan agar bersih, tidak berminyak dan tidak licin.

Gunakan campuran air dan baking soda untuk membersihkan noda di lantai. Gosok lantai menggunakan larutan baking soda yang pekat.

Apabila sela-sela lantai terlalu kotor, buat campuran baking soda pekat yang dicampur sedikit air dan garam. Baking soda akan menyerap lemak dan minyak pada lantai dan dapat membersihkan lantai secara menyeluruh.

Itulah berbagai manfaat baking soda, selain untuk piranti membuat kue. Semoga bia dicoba dan bermanfaat untuk Anda. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel