-->

10 Kuliner Unik dan Menarik Khas Indonesia | Versi Jeng Ratna

Kuliner unik dan menarik khas Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alamnya, maka tak heran jika kuliner indonesia termasuk yang terlengkap di dunia karena memiliki beragam jenis kuliner unik dan menarik yang terbuat dari bermacam-macam bahan baku yang bersumber dari alam.

Melalui postingan kali ini Jeng Ratna mau berbagi sedikit informasi tentang kuliner unik yang mungkin bisa di bilang rada ekstrem.

Kuliner Unik Khas Indonesia

Kuliner Unik Khas Indonesia


1. Sup Kelelawar dari Manado


Kuliner dari binatang kelelawar ini tergolong ekstrem, akan tetapi menurut beberapa sumber sup ini dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

Banyak masyarakat Manado yang sangat menggemari sup kelelawar ini. Mereka biasanya mengolahnya dengan di jadikan sup atau di panggang, di bumbui santan, di bumbui rica-rica.

2. Belalang Goreng dari Gunung Kidul


Belalang goreng yang pedas mungkin akan menimbulkan sensasi yang belum pernah anda rasakan sebelumnya. Di Gunungkidul, belalang kayu (Valanga nigricornis) menjadi primadona bagi warganya, baik sebagai penikmat maupun para pencari rejeki.

Selain kaya gizi, belalang kayu merupakan sumber pendapatan yang dapat menambah pemasukan menurut penuturan seorang pemburu belalang Gunungkidul.

3. Bothok Tawon dari Caruban, Jawa Timur


Makanan ini hampir menyerupai pepes yang sering kita kenal, namun bahan utama makanan ini adalah anakan tawon bersama dengan sarangnya. Biasanya di dalam sarang tersebut masih berisi larva serta tawon muda yang kemudian di masak dalam santan yang di bumbui dengan di bungkus daun pisang.

Bothok tawon banyak mengandung protein dan vitamin serta karbohidrat, disamping rasanya yang gurih dan kenyal.

4. Rempeyek Laron dari Yogyakarta


Di Yogyakarta, laron merupakan santapan yang lezat dan bergizi tinggi karena kandungan proteinnya tinggi. Bagi orang pedesaan yang suka makanan ini pasti akan mengatakan lezat dan gurih tapi bagi orang yang belum terbisa mungkin merasa jijik atau pun bahkan merasa tidak tega karena melihat tubuh laron yang sangat lunak atau pun tidak tahan dengan bau amis nya.

5. Sate Kere dari Solo


Makanan ini bisa anda jumpai di daerah Solo, Jawa Tengah. Mungkin Anda akan heran kenapa namanya sate kere? Pasti kita akan membayangkan daging yang di tusuk memakai bambu.

Anda salah besar, karena satenya tidak ada yang berbahan daging, bahan utama sate ini dari tempe menjos, tempe biasa, dan kikil.

6. Sate Kuda dari Sumbawa


Sate daging kuda tak hanya enak, tetapi konon juga berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti asma, diabetes, dan mampu meningkatkan vitalitas kejantanan para kaum pria. Tak heran, banyak orang sengaja mencari sate jenis ini. Pemilik usaha ini bisa meraup omzet hingga jutaan rupiah per hari.

7. Lawar Bali


Dari namanya pasti bisa kita tebak dari mana asal makan ini, ya Pulau Bali. Bahan utama makanan ini adalah daging babi yang di cincang, darah babi yang masih segar ditambah parutan kelapa sebagai bumbu nya. Bagi anda yang punya cita rasa berbeda, lawar bali ini cocok untuk anda.

8. Rujak Cingur dari Surabaya


Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang.

9. Tokek Goreng


Tokek di percaya orang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tak heran harga dari binatang reptil yang satu ini sempat melonjak hingga jutaan rupiah per kilonya. Khasiat daging tokek yang di olah sebagai makanan, kabarnya bisa mengobati penyakit asma serta meningkatkan stamina para kaum pria.

10. Ulat sagu dari Papua


Pohon sagu banyak terdapat di Indonesia Bagian Timur, terutama daerah Papua. Jika kalian traveling ke Papua jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang satu ini, itupun jika kalian tidak merasa jijik. Ulat sagu ini bisa ditemui pada pohon sagu yang sudah mati.

Selain terdapat pada pohon sagu binatang lunak ini juga dapat ditemui pada pohon kelapa yang sudah mati. Biasanya ulat sagu ini dimakan mentah-mentah sebagai jamu dan obat kuat. Makanan ini juga dipercaya mengandung vitamin yang tinggi.

Similar pos  : KULINER JEPANG YANG POPULER DI INDONESIA

Itulah sebagian kuliner unik dan menarik khas Indonesia yang Jeng Ratna bagikan ke Anda semua. Semoga bisa menjadi sedikit tambahan ilmu. Salam cantik.

2 komentar

mau komen? klik aja!

8 Mei 2015 pukul 22.22 Delete comments

Wuih makanannya serem-serem nih
Rujak cingur Surabaya layak coba tuh :9

Reply
avatar
 

cari artikel