-->

Buah Manggis Dengan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan. Buah manggis, mendapat julukan sebagai 'si ratu buah'. Tak salah memang banyak orang menjuluki demikian, karena bentuknya yang unik serta beragam manfaat yang terkandung dalam 'si ratu buah' ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita.



Dari hasil penelitian di sebutkan bahwa, manfaat buah ini berfungsi sebagai zat anti oksidan untuk tubuh akibat memiliki kandungan zat xanthones yang terkandung di dalamnya . Selain itu di dalam buah manggis juga mengandung vitamin C, B1, B2, niasin, zat besi, protein, serta kalsium.

'Si Ratu Buah' dan Manfaatnya


Buah yang satu ini sangat mudah di temui di sekitar kita, karena buah yang satu ini sangat cocok tumbuh dan berkembang di daerah tropis seperti Indonesia. Ok deh, Jeng Ratna nggak mau panjang lebar, langsung aja yuk kita intip khasiat dan manfaat buah ini.
  1. Mencegah penyakit kanker. Walaupun belum teruji secara keseluruhan, tapi paling utama terkait kanker, buah manggis mampu mencegah berkembangnya tumor akibat dari senyawa garcinone E.
  2. Mencegah infeksi. Buah manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri tuberkolosis yang menjadi penyebab infeksi.
  3. Sumber Antioksidan. Disamping dapat menghilangkan racun akibat polusi, manggis juga dapat mengusir radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita.
  4. Mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan serat dan vitaminnya dapat membantu penderita tekanan darah tinggi.
  5. Mencegah penuaan dini.
  6. Menjaga kesehatan syaraf otak.
  7. Mengatasi diare, sembelit, serta menstimulasi kesehatan usus.
  8. Mengatasi migrain di kepala.
  9. Mengurangi stress dan depresi.
  10. Mencegah obesitas.
  11. Dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.
  12. Mencegah penyakit alzheimer serta parkinson.

Manggis dan Efek Sampingnya


Selain memiliki manfaat, ternyata buah ini juga mengandung efek samping jika di konsumsi terlalu berlebihan. Zat xanthones yang terdapat dalamnya dapat mempengaruhi proses pembekuan darah yang normal. Menurut studi, zat xanthones dalam dosis tinggi dapat menekan sistem syaraf pusat pada hewan yang menyebabkan sedasi. Namun efek ini baru di teliti pada hewan belum di ketahui jika pada manusia.

Sekian artikel tentang buah manggis dengan sejuta manfaat untuk kesehatan dari jeng ratna. Semoga bermafaat ya jeng. Sampai jumpa. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel