-->

Buang Racun Tubuhmu lewat Terapi Detoks

Cara membuang racun tubuh dengan detoks. Akhir tahun dan Natal identik dengan pesta dan liburan. Pesta atau liburan seperti apa yang akan dipilih bergantung kekuatan keuangan.

Apa pun jenis pesta atau liburan yang Anda pilih, hal itu akan mengubah pola makan.  Secara ekstrim bisa dikatakan pola makan selama liburan pasti ‘kacau’, alias tidak menganut pola makan sehat.

Bagi orang dengan kondisi kesehatan yang prima, pola makan seperti itu relatif tidak akan mengganggu kesehatan, walau istirahat pasti kurang dan kegiatan berolahraga terhenti.

Sementara yang sudah mengalami kemunduran kesehatan karena penyakit, cepat atau lambat pola makan seperti itu akan mempercepat penurunan kondisi kesehatan.

Pola makan yang tidak sehat berpeluang menambah penumpukan  toksin atau racun yang bercokol di dalam tubuh.

Bentuknya macam-macam, seperti penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, peningkatan kadar asam urat di dalam darah, penumpukan logam berat, aliran cairan limfa yang tidak lancar.

cara membuang racun tubuh lewat terapi detoks

Kalau sudah begitu, maka secara pasti penyakit akan menghampiri kita, dan tingallah penyesalan. Apa yang dapat kita lakukan? Banyak. Namun yang paling efektif adalah program pembuangan racun alias detoks.

Ya, secara alamiah, tubuh manusia memang mengeluarkan racun secara teratur, yaitu melalui pernapasan, saluran kencing dan saluran usus (buang air besar).

Sayang, kemampuan tubuh itu sering kali gagal, karena terlalu banyaknya racun di tubuh. Oleh sebab itu, perlu dilakukan detoks yang bisa membantu proses pengeluaran racun oleh tubuh.

Similar post : 7 Manfaat Dahsyat Durian Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Cara Membuang Racun Tubuh dengan Detoks


Detoks memang banyak caranya, tinggal pilih yang disukai. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting dalam menjalankan proses detoks.

Supaya kerjanya optimal, cobalah mengonsumsi campuran buah dan sayur menjadi minuman detoks yang kaya senyawa flavonoid, serat, vitamin dan mineral.

Detoks buah bisa bekerja secara optimal karena kaya akan senyawa kandungan golongan antioksidan, mineral, flavonoid, yang membantu tubuh membuang racun dan pasti memenuhi kebutuhan zat kimia alamiah.

Pilihan jatuh pada campuran buah satu apel, 3-5 buah stroberi, satu buah lemon yang diblender, tambahkan sedikit air dan minumlah setiap hari sebanyak 500 ml.

Untuk ramuan sayuran, buatlah dari 2 cangkir sayuran bayam segar, 2 cangkir cangkir brokoli, 2 cangkir tangkai seledri, 2 cangkir buah kentang dan satu setengah liter air. Bersihkan dan kupas semua bahan, potong kecil, lalu rebus. Setelah masak, saring dan dapat segar diminum selama 14 hari berturut-turut.

Detoks Akupunktur dan Massage


Akupunktur sudah dikenal sebagai cara untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, dan ini berasa akan membuat seseorang mendapatkan kembali energi yang diperlukan.

Mulai pemilihan teknik akupunktur yang tepat, maka daya tahan akan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Akupuntur membantu memperbaiki fungsi sistem saluran cerna sebagai pemegang peran utama proses detoks dan pasti membuat rasa sakit yang kronik menjadi berkurang atau sembuh.

Pijat dengan gerakan yang benar secara pasti dapat merangsang sistem sirkulasi, dan oleh sebab itu harus diikutkan sebagai bagian program detoks tubuh.

Pijat akan membuat otot rileks, jaringan tubuh terstimulasi sehingga racun bisa lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Biasakan untuk minum satu atau dua gelas air putih sesudah pijat untuk membantu penggelontoran racun lebih cepat. Teknik pijat yang terpilih adalah pijat Cina, pijat Swedish dan shiatsu.

Pijat secara beratur pasti memperbaiki sistem kekebalan tubuh, penyerapan zat bergizi dan mineral, otot dan jaringan menjadi kuat, dan gangguan buang air besar bisa hilang. Semua ini sangat membantu peroses detoks tubuh secara alamiah dan optimum.

Detoks Jus


Supaya tidak repot, ada pilihan detoks hanya sehari saja, yaitu dengan jus berbahan utama buah-buahan. Agar optimal, sebaiknya lakukan saat tidak sedang diburu pekerjaan berat.

Detoks atau puasa jus ini diakui cocok untuk membantu membuat kulit lebih cerah, mengatasi kesulitan buang air besar, membersihkan usus, membuat kerja ginjal dan liver lebih efisien.

Syaratnya, hindari penggunaan gula, makanan berbahan produk hewani, tepung gluten, kafein, minuman beralkohol, pengawet dan tambahan makanan lain (pewarna dll).

Selama sehari ini, sebaiknya tidak berolaraga yang telalu berat, cukup gerakan seperti stretching dan pernapasan saja sehabis makan pagi.

Minum delapan gelas air adalah mutlak. Untuk memulai pagi hari, minum segelas air hangat yang campuri sedikit jus lemon, sebagai penggelontor awal. Setengah jam berikutnya minum jus apel atau bisa juga kombinasi apel dan wortel .

Sekitar jam 10 pagi, minum teh herbal, misalnya teh mint yang membantu proses pembuangan racun. Selanjutnya minum jus buah yang kaya air, misalnya jus semangka. Jus ini baik untuk detoks karena membantu pengeluaran cairan memulai ginjal beserta racun.

Campuran dengan stroberi cocok karena kekayaan kandungan vitamin C serta asam folat. 8 ons semangka 4 ons strawberi, 4 ons blackberry atau juga bisa diganti dengan buah naga yang dibuat jus, akan lebih baik kalau dihidangkan dingin.

Untuk siang hari, buatlah jus dari campuran buah dan sayuran: 3 buah wortel, 3 tangkai daun seledri, 1buah bit berukuran kecil, 1/2 sendok the jus lemon, 1/4 sendok teh jahe yang dicincang halus. Haluskan dalam alat pembuat jus dan tambahkan satu sendok makan madu.

Wortel dan bit mengandung vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. seledri mengandung mineral yang dibutuhkan untuk kelancarkan kerja dan fungsi ginjal.

Setengah sampai satu jam setengah mengonsumsi jus itu, beristirahatlah sejenak sambil minum teh herbal misalnya teh jahe atau teh peppermint. Teh itu akan menciptakan ketenangan yang diperlukan untuk menurunkan ketegangan dan stress.

Menu detoks malam hari terdiri dari campuran 50-100 gram wortel, 50-100 gram buah apel, 2 tangkai daun seledri dan 1 buah pisang berukuran sedang.

Wortel, apel dan seledri dilembutkan dengan bantuan alat juicer, selanjutnya dicampurkan dalam pisang di dalam blender. Buah apel dan pisang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi metabolisme secara optimal.

Untuk menghindari rasa lapar pada malam hari, kita dapat saja mengganti jenis jus, misalnya dengan jus buah yang bersifat mengenyangkan, seperti mangga.

10 Langkah Lanjutan Setelah Terapi Detoks


Apakah detoks sehari sudah cukup untuk membuang racun dan membuat tubuh sehat? Cukup, asalkan diikuti dengan 10 langkah lanjutan, yaitu :
  • Tambahkan porsi makanan segar berserat termasuk beras merah, buah, dan sayur. Buah dan sayur yang terpilih adalah buah bit, brokoli, dan rumput laut.
  • Bersikan dan lindungi liver dengan bahan herbal, seperti minum segelas air rebusan temulawak tiga kali seminggu.
  • Pastikan tambahan vitamin C sebagai suplemen yang membantu liver membuang racun.
  • Minum paling sedikit satu setengah liter air putih.
  • Olah nafas untuk mendapatkan kecukupan oksigen dalam darah.
  • Lakukan hydrotheraphy, yaitu mandi di bawah pancuran air hangat 5 menit mengalirkan air ke daerah punggung. Lanjutkan dengan menyiram air dingin 30 detik. Lakukan 3 kali dan segera tidur pada malam hari.
  • Secara teratur, gosoklah badan dengan sikat badan, untuk mengeluarkan racun melalui pori-pori kulit.
  • Detoks yang paling penting adalah olah raga. Cobalah gerakan yoga atau lompat tali satu jam sehari. Kalau suka, lakukan gerakan seperti petinju atau pesilat.

Detoks yang Fun


Masih juga sulit? Santai saja, dan tidak perlu mengubah pola makan terlalu dratis. Kurangi sedikit demi sedikit junk food, makanan kaya lemak (jeroan dan lain-lain), dan soft drinks.

Gantilah dengan berbagai jus buah tanpa tambahan gula minimum sekali sehari. Untuk snack malam, buatlah salad berbahan sayur dan buah yang dicampur salad dressing kesukaan anda.

Kalau dalam sehari sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan lezat, coba mengakhiri kegiatan makan pada hari itu hanya dengan sebuah pisang ambon.

Semoga info ini bisa ada manfaatnya ya jeng. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel