-->

Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Meski Sering Di Styling

Tips merawat rambut sehat. Rambut adalah mahkota wanita yang harus selalu indah terawat untuk menunjang rasa nyaman dan rasa percaya diri.

Segudang aktivitas, polusi, sinar matahari, hingga gaya hidup kurang sehat membuat rambut membutuhkan perawatan ekstra.

Belum lagi jika Anda kurang tepat memilih perawatan rambut atau terlalu sering melakukan styling rambut yang tanpa disadari bisa membahayakan kondisi  kesehatan rambut, seperti menggunakan flat iron, curling iron, atau hair dryer.

Alhasil, segudang masalah seperti ketombe, rambut rontok, bahkan rambut mati (uban) segera datang menghampiri. Supaya terhindar dari segala kerugian itu, ada dua tips penting yang perlu Anda ketahui.

tips merawat rambut sehat

Tips Merawat Rambut Sehat


Pilih Produk Perawatan Rambut secara Tepat


Agar rambut tetap terjaga keindahan dan kesehatannya, pilih produk perawatan yang sesuai dengan kondisi rambut. Pakailah sampo dan kondisioner sesuai jenis rambut.

Jangan salah atau malah asal pilih. Hal itu bisa membuat rambut semakin berminyak, atau bahkan cenderung kering.

Misalnya, untuk rambut kering lebih baik memilih kondisioner tanpa bilas (leave in conditioner) yang diaplikasikan pada rambut setengah kering setelah keramas, lalu angin-anginkan hingga kering.

Selain sampo dan kondisioner, rambut sebaiknya dirawat menggunakan serum rambut. Bagaikan perisai, serum dapat melindungi rambut dari faktor-faktor pemicu kerusakan, seperti polusi, debu, serta sinar matahari.

Rambut akan jadi lebih mudah diatur, kadar minyak di kulit kepala lebih terkontrol, serta dapat mengembalikan  kilau rambut sehat Anda.

Kandungan serum yang memiliki banyak nutrisi membantu mengikat protein dalam setiap helai rambut sehingga akar menguat dan batang rambut jadi lebih sehat.

Tak perlu khawatir rambut menjadi lepek karena serum rambut dapat melembapkan tanpa efek lengket. Serum justru melindungi rambut walaupun di-styling setiap hari, dikeringkan dengan hair dryer, penggunaan flat/curling iron, di-smoothing atau rebonding, hingga diwarnai.

Similar pos : 5 Khasiat Hebat Si Manis Kurma Bagi Kulit dan Rambut

Tips Memakai Serum Rambut


Sama halnya dengan sampo dan kondisioner, pemakaian serum pun harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis rambut. Pilihlah serum yang teksturnya ringan dan lembut  sehingga dapat menyerap sempurna ke batang rambut.

Untuk rambut kering, gunakan serum yang soft dan saat mengaplikasikan jangan sampai terkena kulit kepala.

Rambut berketombe, pilih serum rambut khusus yang memang dapat langsung dioles ke kulit kepala sebelum keramas, lalu setelah sekitar 20 menit cuci bersih rambut dengan sampo yang sesuai.

Sedangkan untuk rambut bercabang, gunakan serum rambut secara perlahan pada batang rambut.

Beberapa tips memakai serum rambut :
  • Sebelum menggunakan hair dryer atau flat/curling iron, dalam kondisi rambut setengah basah, oleskan serum rambut merata dari batang bagian tengah hingga ujung rambut. Biarkan hingga meresap sempurna. Ingat, jaga jarak rambut dengan hair dryer 15-20 cm untuk menhindari kekeringan rambut. 
  • Jangan gunakan serum rambut pada kulit kepala, terutama untuk jenis rambut berminyak. Terkecuali serum-serum khusus yang memang harus dioles di kulit kepala, biasanya untuk rambut berketombe.
  • Gunakan serum saat kondisi rambut bersih sehingga hasilnya lebih optimal. 
  • Setelah menggunakan serum, tak perlu melakukan pemijatan berlebihan sebab kandungan minyak pada kulit kepala dikuatirkan justru akan berlebihan.
  • Gunakan serum setiap hari, sebelum dan setelah styling, agar rambut tetap sehat terawat dan tatanan rambut tetap bertahan seharian.
  • Selain perawatan dari luar, tak kalah penting untuk menjaga keindahan rambut adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dari dalam. Konsumsilah makanan bergizi untuk menutrisi mahkota Anda. Nutrisi tersebut antara lain makanan yang mengandung vitamin B-6, B-12, vitamin C, E, dan protein. Kandungan ini banyak terdapat dalam sayuran hijau, buah-buahan, salmon, pisang dan kacang-kacangan.
  • Dengan produk pilihan dan perawatan rambut yang tepat, rambut sehat terawat meski di-styling setiap hari.

Itulah secuil tips kecantikan agar rambut Anda selalu sehat dan terawat. Sampai jumpa diartikel berikutnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel