-->

Ngga Nyangka, Bentuk Potongan Sayur ternyata Ada Namanya

Aneka bentuk potongan sayur. Beda makanan, beda pula bentuk potonganya. Dan ternyata dalam dunia masak-memasak tiap potongan bahan makanan memiliki namanya masing-masing.

Contohnya untuk wortel saja, potongannya beragam. Potongan wortel untuk sayur sup tentu akan berbeda dengan potongan wortel untuk isi pastel atau untuk membuat mie goreng.

aneka macam bentuk potongan sayuran

Aneka Bentuk Potongan Sayur


Berikut ini beragam bentuk potongan sayuran yang bisa menambah kamus pengetahuan dapur Anda jeng. Yuk kita lihat…

1. Julienne


Julienne adalah nama untuk potongan sayuran dengan bentuk seperti batang korek api. Ukuran potongan ini memiliki panjang 4 cm, dengan lebar dan ketebalan 1 mm x 1 mm. Potongan ini biasanya digunakan dalam salad atau asinan.

2. Brunoise


Brunoise merupakan turunan dari potongan julienne. Bentuk kotak-kotak kecil dengan ukuran 1x1 mm. Cara membuatnya seperti membuat potongan julienne, lalu dilanjutkan dengan memotongnya secara melintang.

Jadilah potongan bruonise yang biasa digunakan untuk potongan dalam isi pastel atau isi kroket sayuran.

3. Allumette


Potongan ini memiliki bentuk dan ukuran yang sedikit lebih tebal dari julienne. Panjangnya kira-kira 4-5 cm, dengan ketebalan 5 mm atau ½ cm. Potongan seperti ini biasanya digunakan dalam masakan barat untuk bahan pelengkap.

4. Batonnet


Potongan ini berbentuk balok , berukuran panjang 4 cm dengan ketebalan 1 cm x 1 cm. Wortel dan kentang sering disajikan dengan bentuk batonnet sebagai pelengkap steak.

5. Jardiniere


Potongan ini juga berbentuk balok, namun dengan panjang hanya 3 cm dan ketebalan 1 cm x 1 cm. Potongan jenis ini sering digunakan pada sayuran untuk membuat acar kuning.

6. Macedoine


Macedoine atau juga sering disebut dengan dice atau cube. Potongan berbentuk dadu dengan ukuran 1 cm x 1 cm ini sering digunakan dalam salad buah.

7. Paysanne


Potongan dengan bentukkotak tipis ini sering digunakan untuk isi sup. Bahan yang biasa diberlakukan seperti ini adalah wortel, lobak, dan kentang namun tidak menutup kemungkinan untuk bahan yang lain. Ukuran dari Paysanne adalah 1 x 1 cm.

8. Chopped


Chop atau mencincang. Bentuk potongannya tidak beraturan atau berbentuk cincangan, baik halus ataupun kasar. Cara ini biasanya dilakukan untuk mencincang bawang bombai atau bawang putih.

9. Chiffonade


Irisan halus bernama chiffonade ini sering digunakan untuk jenis sayuran yang tipis seperti bayam, lettuce, juga kol.

10 Shred


Potongan dengan bentuk panjang dan tipis. Potongan jenis shred ini biasanya menggunakan alat parut seperti untuk rujak buah atau parutan singkong untuk sawut.

11. Wedge


Penampang dengan potongan ini adalah berbentuk segitiga. Kentang dan tomat adalah bahan yang sering dipilih untuk mendapat potongan wedge ini.

Similar pos : 7 Trik Hemat Memasak Buat Ngirit Uang Belanja

Gimana jeng, makin nambah kan kamus dapurnya? Silahkan kreasikan masakan Anda dari jenis potongan sesuai selera.

Moga bermanfaat ya jeng. Salam Cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel