-->

Inilah 10 Nama Jenis Kurma Biar Kamu Tahu

Macam dan jenis buah kurma. Kurma menjadi hidangan primadona saat bulan Ramadhan tiba. Biasanya banyak dicari untuk dijadikan takjil atau berbagai olahan makanan yang lezat.

Buah yang identik dengan negara Timur Tengah ini ternyata punya beragam jenis dan nama yang berbeda tergantung dari sumber daerah asalnya. Dan tentunya masing-masing memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Arab Saudi memiliki sekitar 400 jenis kurma, diberbagai negara lain seperti Tunisia, Irak, Mesir masih banyak lagi jenis kurma yang memiliki beragam tekstur dan cita rasa.

Tanah dan kondisi alam yang unik di setiap daerah membuat tekstur dan rasa tiap jenis kurma jadi berbeda.

macam dan jenis buah kurma

Macam dan Jenis Buah Kurma


Dari ratusan buah kurma, terdapat beberapa jenis yang terbilang paling popular dan digemari berbagai masyarakat di dunia. Berikut ini diantaranya :

1. Thoory


Sering pula disebut thuri, buah ini termasuk jenis kurma yang sangat popular di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan, warnanya berubah jadi kebiru-biruan.

Kulitnya sangat keriput dengan daging buah agak keras dan rasanya manis serta sedikit ada sentuhan rasa kacang. Kurma ini bisa tahan lama saat disimpan. Di Indonesia, kurma jenis ini cukup banyak kita temui.

2. Khidri


Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond dan sebagainya. Berwarna merah tua dengan tekstur kering dan kenyal. Rasanya tidak terlalu manis sehingga cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa.

3. Amer Hajj


Kurma yang juga disebut amer hajj ini merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Memiliki daging tebal bertekstur lembut dengan kulit tipis, kurma ini seringkali disebut sebagai the visitor’s date karena masyarakat Irak umumnya menyajikannya sebagai kudapan untuk tamu di rumah mereka.

4. Ajwa


Banyak yang menyebut kurma ini sebagai kurma nabi. Berwana hitam gelap, kurma yang hanya tumbuh di Madinah ini bertekstur lembut dengan rasa yang tak terlalu manis dan menyerupai kismis.

5. Zaghloul


Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang mirip melinjo. Biasanya disajikan sangat garing.

Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga akan mengering ketika disantap. Hal tersebut yang membuatnya ekslusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal.

6. Sekkeri


Meski berwarna cokelat gelap, kurma sekkeri memiliki daging buah yang begitu lembut dengan cita rasa manis yang khas. Itulah yang membuat kurma dengan bentuk nyaris bulat ini cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

7. Mozafati


Sebagian besar tumbuh di provinsi Kerman, Iran. Sering dijuluki kurma bam. Masyarakat setempat biasanya mengonsumsi ketika masih segar.

Walaupun begitu, jika disimpan pada suhu -5 derajat Celsius, kurma jenis ini dapat disimpan hingga dua tahun lamanya.

Warnanya yang gelap dengan ukuran sedang membuat kurma ini memiliki rasa manis dan daging yang lembut.

8. Deglet Noor


Berwarna kuning keemasan, kurma deglet noor merupakan varietas unggul yang sangat popular di Libya, Tunisia, Algeria, dan Amerika.

Nama kurma ini berarti cahaya karena warna buahnya yang menyerupai warna sinar matahari. Sayangnya, kurma jenis ini memiliki rasa yang tak terlalu manis.

9. Sekki


Kurma yang satu ini memiliki warna paling unik. Kekuningan di bagian atas dan kecokelatan di bagian bawah.

Daging berwarna kuning dengan tekstur yang lebih keras sedangkan yang kecokelatan lebih empuk dan kenyal. Walaupun warnanya agak menggoda, rasa kurma jenis ini tidak terlalu manis.

10. Khalasah


Varietas kurma ini popular di Arab Saudi karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu menggelitik lidah sehingga cukup banyak disukai.

Buah kurma ini seringkali disebut dengan khlas dan banyak tumbuh di Huffuf juga Qatif di bagian timur Arab Saudi.

Similar pos : 5 Resep Istimewa Olahan Buah Kurma

Mulai sekarang saat menyantap takjil kurma di bulan Ramadhan, lihat kurma yang kamu makan, termasuk jenis yang mana?

Semoga informasi ini bisa sedikit menambah wawasan Anda tentang si manis buah kurma. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel