-->

Cara Cepat Turunkan Berat Badan, Terbukti

Cara cepat menurunkan berat badan. Kalau kita tidak menjaga pola makan, libur panjang bisa bikin badan melar. Lantas bagaimana cara melangsingkan kembali?

Sering orang mengeluh setelah berlibur berat badan ikut naik. Baju kerja menjadi kesempitan setelah kembali dari berlibur. Naiknya berat badan saat masa liburan karena beberapa faktor. Yang paling berpengaruh tentu saja pesta kuliner.

Parahnya makanan yang kita asup kebanyakan tidak sehat, misalnya berlemak dan sebagainya. Selain makanan, kurang gerak juga bikin berat badan kita naik,” kata dr. Endang Darmoutomo Ms, SpGk, Clinical Nutritionist dari Siloam Hospital, Karawaci, Tangerang.

Bila berat sudah terlanjur naik maka segera setelah libur usai, buatlah komitmen untuk menurunkan berat badan. ‘Yang harus kita ketahui, masalah yang terjadi adalah kelebihan kalori yang disimpan dalam bentuk lemak. Kelebihan 500 kkal setiap hari akan menambah 0,5 kg seminggu,” ungkap Endang.

Target penurunan berat badan adalah menurunkan jumlah lemak. Penurunan lemak memang sangat sulit. Maksimal kita bisa menurunkan 0,5 kg/minggu dari lemak. Berarti sebulan 2kg lemak. Lebih dari itu, kemungkinan terbesar adalah pemecahan otot.

Cara Cepat Turunkan Berat Badan

Bila kita tidak makan, maka tubuh akan kekurangan kalori. Seperti yang di sebut di atas. Yang menjadi masalah adalah bila orang tersebut tidak berolah raga, maka energi yang di perlukan oleh tubuh adalah dari cadangan gula otot. Bila cadangan gula otot habis dalam waktu beberapa belas jam, maka terjadilah pemecahan protein,” papar Endang.

Bila orang berolahraga dengan sisitem aerobik, maka sesudah setengah jam, tubuh mulai menggunakan cadangan lemak. Makin panjang waktu beraerobik, makin banyak lemak bisa terbakar. Sedangkan olah raga sebelum mencapai waktu dimulai nya saat penggunaan lemak, tubuh hanya menggunakan glikogen otot atau cadangan gula.

Similar post : Terapi Air Putih - Cara Hidup Sehat Yang Mudah dan Murah

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan


Kombinasi


Namun pemecahan lemak yang kita bakar setelah kita berolah raga lebih dari 30 menit, akan sangat berarti. Pembakaran yang bisa dilakukan hanya sedikit sekali, tidak bermakna berat nya, tetapi mempengaruhi resistensi insulin kita.

Selain itu, dengan berolahraga kita mempertahankan massa otot. Bahkan menambah aktifitas massa otot kita, yang berarti akan menambah kalori yang di perlukan sehari-hari,” tandas Endang.

Menggenapi keterangan di atas, dr. Michael Triangto, SpKO, dari klinik Slim + Health, Sports Therapy, Jakarta menjelaskan, olah raga yang bisa dipilih adalah jalan cepat di kombinasi dengan jogging atau jogging dikombinasi dengan lari. “ itu cukup dilakukan 20 menit saja.

Kemudian 10 menit setelah nya kita dapat melakukan latihan-latihan yang menggunakan berat badan sebagai beban. Hingga tidak perlu melakukannya di gym, tidak mengganggu kerja kita dan cukup 10 menit saja,” papar Michael.

Olah raga di lakukan 5 hari dalam 1 minggu. “kita tetap menyediakan 2 hari untuk beristirahat untuk mengembalikan kondisi fisik kita yang sebelumnya tidak pernah berolah raga itu agar bisa kembali fit lagi,” ungkapnya.

Dalam 10 menit latihan beban, bisa di lakukan secara menyeluruh di empat bagian tubuh, yaitu lengan dan dada, punggung, perut dan pinggang, serta tungkai. Misalnya dengan push up di tembok atau meja kita bisa melakukan latihan untuk lengan depan, lengan belakang dan otot dada.

Untuk melatih otot perut dan tungkai bisa dilakukan dengan cara sambil duduk ketika mengangkat kedua lutut ke arah perut atau sambil tiduran kita menggerakan kaki seperti mengayuh sepeda. Sedangkan untuk melatih otot punggung dan pinggang kita bisa melakukan gerakan back up, dengan cara tubuh tengkurap di atas lantai atau matras, kemudian mengangkat kepala dan kaki kita atau sambil duduk kita melengkungkan tubuh ke belakang, seperti posisi kayang.

Dengan melakukan high intensity interval training, maka bisa dilakukan pembakaran kalori lebih banyak dalam satuan waktu yang lebih kecil.

Kalau dalam 20 menit pertama dengan latihan yang bersifat kontinyu baru membakar lemak,  sebelum mencapai 20 menit. Dengan demikian waktu pembakaran lemaknya lebih cepat,” kata Michael.

Selain olah raga, mendetoks juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Detoks itu dapat di lakukan dengan menggunakan kuah sup ditambah dengan asupan buah  seperti semangka atau lemon, dan minum air dalam jumlah yang cukup. Hal itu akan memudahkan untuk terjadinya penurunan berat badan dalam waktu yang singkat,” papar Michael.

Namun yang harus diingat, detoks itu tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lama, cukup 2 hari saja. Selama 2 hari itu kita melakukan shock terapi pada tubuh kita yang sebelumnya makan sesukanya, hingga drop. Kemudian kita kembali ke pola makan seperti biasa.

Pola makannya harus di perhatikan lagi. Makanan pokoknya harus kenyang, kurangi seperempat. Sedangkan lauknya termasuk sayuran, boleh dimakan , namun harus dalam jumlah yang lebih sedikit daripada makanan pokoknya. Misalnya bila makanannya pokonya bakmi, maka bisa di lengkapi dengan potongan kecil  ayam dan sedikit sayur sawi,” kata Michael.

Michael menyarankan detoks dan exercise itu di lakukan secara berulang dan bergantian. Hal itu dilakukan hingga berat badan ideal yang dimiliki sebelum berangkat liburan bisa tercapai lagi.

Pada waktu kita berangkat, berat badan kita ideal, tapi selama liburan berat badan naik, maka setelah liburan kita akan kembalikan lagi ke berat badan semula. Agar kita bisa beraktifitas, dan bekerja dengan baik seperti sebelumnya,” ujar Michael.

Sementara


Yang harus di perhatikan dalam proses penurunan berat badan ini adalah kecukupan cairan. Jangan sampai penurunan berat badan yang terjadi hanya  berasal dari air saja.

Karena bila kita mengurangi asupan cairan maka akan terjadi penurunan berat badan secara cepat, tapi hanya berasal dari air saja. Dan tentunya hanya bersifat sementara dan berpotensi untuk mengganggu kerja dari ginjal,” katanya.

Dalam penurunan berat badan itu targetnya adalah menurunkan lemaknya. Karena dalam kesehatan, lemaknya yang harus benar-benar turun.

Kita harus menurunkan lemak dan mengecilkan otot. Artinya, dia menjadi lebih kecil ukurannya namun menjadi lebih kencang, lebih padat. Dengan demikian tubuh yang di hasilkan dari penurunan berat badan tersebut adalah tubuh yang langsing, kecil, dan padat,” ungkap Michael.

Michael tidak menyarankan melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan  setelah liburan. Karena itu akan mengurangi cairan yang ada di dalam tubuh.

Cairan akan keluar, sel-sel tubuh mengecil, termasuk sel otot, dan itu dampaknya akan membuat kita menjadi lemah. Pada akhirnya akan mengurangi produktivitas kerja kita. Yang harus diingat adalah selesai liburan maka kita kembali bekerja. Bila badan lemas maka akan kontraproduktif nantinya. Maunya kita bisa langsung bekerja, tetapi yang terjadi tubuh terasa lemas dan butuh istirahat lebih banyak,” kata Michael.

5 Tips yang harus Anda Perhatikan

  • Kembalikan pada pola makan secukupnya. Makanlah sayuran berdaun sebanyak mungkin sebelum menyantap makanan yang lain. Sayur merupakan zat ke dua yang paling dibutuhkan tubuh setelah air.
  • Sering minun air putih sedikit-sedikit, bukan banyak sekaligus. Minum sedikit- sedikit sangat penting untuk mengurangi kemungkinan terjadinya dehidrasi, yang memberi efek lapar yang palsu.
  • Jangan makan bila tak lapar, jangan ngemil. Dan jangan makan saat kebosanan melanda.
  • Selalu aktif bergerak, olah raga secara areobik adalah keharusan minimal 1 jam hari.
  • Tidur yang cukup sangat penting. Tidurlah sebelum tengah malam. Yang terbaik sekitar jam 10 malam agar tubuh tidak terganggu saat reparasi sel rusak dan keseimbangan hormon yang merugikan.

Sekian dulu jeng, moga bermanfaat. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel