-->

Manfaat Gerakan Olahraga Senam Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat gerakan olahraga senam yoga untuk kesehatan tubuh kita. Yoga dari bahasa Sanskerta yang berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta".

Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Yoga adalah bentuk metode olahraga yang mempunyai banyak manfaat. Berbagai jenis yoga terkait dalam meditasi memungkinkan seseorang untuk menyalurkan pikiran mereka, menghilangkan stres, dan memberikan tubuh dengan berbagai manfaat.

Manfaat Gerakan Olahraga Senam Yoga

Jenis Meditasi Yoga


Ada berbagai gaya dan masing-masing memiliki manfaat sendiri-sendiri.
  1. Ananda yoga adalah bentuk yoga yang berfokus untuk mempersiapkan seseorang dalam bermeditasi. Gaya tersebut menekankan perlunya untuk membuat santai pikiran dan indera sepenuhnya sementara diposisikan dalam postur tertentu, dan ini membuka jalan bagi kesadaran yang lebih tinggi.
  2. Hatha yoga adalah salah satu bentuk yoga dan diperkenalkan di India pada abad ke-15. Ini juga sangat mudah untuk dipelajari sebagai bentuk dasar yoga, yang membawa banyak manfaat meditasi bagi orang yang melakukannya.
  3. Kripalu yoga, jenis ini dikenal dengan yoga kesadaran, ini adalah bentuk yang memungkinkan seseorang untuk membersihkan pikiran dari segala pengaruh eksternal. Meditasi yoga sepenuhnya diwujudkan oleh konsep kripalu yoga.
  4. Yoga restorasi adalah salah satu yoga yang berfokus pada penyembuhan seseorang dari penyakit tertentu dan dengan demikian memulihkan kekuatan hidup seseorang melalui kekuatan dari meditasi.
  5. Moksha yoga adalah gaya yang telah menjadi sangat populer di Kanada dan berhubungan dengan pelepasan tubuh dari urusan duniawi. Moksha adalah kata India yang secara harfiah berarti pembebasan dari semua urusan duniawi, dan ini adalah bentuk yoga yang bertujuan untuk mencapai hal itu.

Similar post : Teknik | Cara | dan Manfaat Pijat Titik Refleksi Pada Kaki

Manfaat Yoga bagi Kesehatan


Manfaat yoga sangat di perlukan untuk kesehatan tubuh kita antara lain.
  • Menghilangkan Depresi dan Stres
  • Mengendalikan Hipertensi
  • Yoga untuk Jantung Sehat
  • Mengendalikan diabetes
  • Meredakan nyeri
  • Gangguan Perut
  • Osteoarthritis
  • Asma dan Bronchitis
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan Fleksibilitas sendi dan otot
  • Detoksifikasi

Itulah sedikit artikel tentang Manfaat Gerakan Senam Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Kita dari Jeng Ratna. semoga bermanfaat. Biar lebih afdol, silahkan kunjungi artikel Jeng Ratna yang lainnya di blog ini.

Terima kasih sudah mau mampir ke blog ini. Sampai Jumpa.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel