-->

Teknik | Cara | dan Manfaat Pijat Titik Refleksi Pada Kaki

Teknik,cara dan manfaat pijat titik refleksi pada kaki. Semua pijatan refleksi di telapak kaki bila dilakukan secara wajar tetap ada manfaatnya. Akan lebih optimal jika yang memijat tahu letak titik refleksi kaki. Sebenarnya Allah sudah memberi kemudahan dengan ciptaan Nya yang luar biasa.

Tips Memijat Titik Refleksi Kaki

  • Titik pijat refleksi kaki terkadang harus dilakukan dengan pemijatan agak keras dan terkadang perlu dilakukan dengan lembut.
  • Jangan dilakukan pemijatan dengan terlalu keras.Untuk penderita penyakit kencing manis, lever, jantung dan kanker.
  • Jangan pernah melakukan pemijatan setelah makan, dikhawatirkan menimbulkan mual. Lakukanlah pemijatan pada titik refleksi sekitar 1 jam setelah makan
  • Pada daerah titik refleksi kelenjar, jangan melakukan pijat refleksi terlalu keras agar tidak timbul reaksi lain yang berbahaya.
  • Jika dilakukan pemijatan pada titik refleksi dengan menggunakan tangan, setelah melakukan pemijatan jangan langsung cuci tangan.
  • Jangan minum air putih setelah melakukan pijat refleksi lebih dari 150 cc, khusus bagi penderita penyakit ginjal.

Teknik Pijat Refleksi

Hal ini dianjurkan untuk menjaga kesahatan Anda sendiri bila sudah selesai melakukan pemijatan, minumlah air putih sekitar 2-3 gelas atau sekitar 500 cc, untuk memudahkan membuang kotoran di dalam tubuh.

Similar post : Manfaat Gerakan Olahraga Senam Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tentang Teknik Pijat Refleksi


Setelah mengetahui tips dalam memijat, kini saatnya mempelajari sedikit teknik memijat pada titik refleksi.
  1. Menekan, agar berhasil dalam melakukan pijatan titik refleksi dengan teknik menenakan harus dilakukan dengan fokus dan pusatkan kekuatan Anda dalam melakukannya.
  2. Memenyet, jika terdapat benjolan pada daerah titik refleski yang dilakukan pemijatan, maka yang mesti dilakukan adalah dengan memenyetnya. Tujuannya adalah, agar sirkulasi darah dapat kembali lancar
  3. Pijat Memutar, baik Anda yang melakukan pemijatan pada titik refleksi dengan menggunakan tangan atau tongkat, teknik pijat memutar ini bisa dilakukan. Teknik ini digunakan untuk merilekskan Anda sebagai pemijat dan melancarkan sirkulasi darah pasien. Bahkan pasien pun tak akan merasakan kesakitan

Ada beberapa titik pijat refleksi kaki yang perlu kita ketahui sehingga pemijatan bisa dilakukan sendiri.
  1. Titik pijat refleksi kaki pada jari kaki, dimulai kelingking sampai ibu jari, hampir semuanya merefleksikan tubuh bagian kepala seperti mata, telinga, hidung, dan otak.
  2. Titik pijat refleksi kaki di pinggir telapak kaki bagian dalam merefleksikan tubuh bagian leher, timus, tiroid, dan esophagus.
  3. Titik pijat refleksi kaki di bagian pinggir telapak kaki sebelah luar merefleksikan tubuh bagian paru-paru dan bahu.
  4. Titik pijat refleksi kaki di bagian telapak kaki sebelah dalam merefleksikan hati, empedu, ginjal, pankreas, usus, saluran kencing, usus buntu, perut, dan tulang belakang.
  5. Titik pijat refleksi kaki di bagian bawah tumit kaki merefleksikan tubuh bagian saraf, dubur, pinggul, dan organ reproduktif.

Manfaat Pijat Refleksi

  1. Meningkatkan gairah seksu4l. Hal ini bisa dilakukan dengan suami atau istri anda untuk menambah kemesraan di tengah pijat refleksi.
  2. Memperlancar sirkulasi darah. Hanya perlu waktu 10-20 menit pijat kaki agar mendapatkan sirkulasi darah yang lancar.
  3. Meringankan gejala stress. Banyak penderita stress, depresi dan migrain yang ingin kembali dipijat setelah adanya perawatan reflexiology.
  4. Menurunkan tekanan darah. Uji coba 10 menit pijat refleksi kepada beberapa pasien dinyatakan dapat membawa suasana hati lebih tenang, menghilangkan rasa cemas, bahkan bagi para lansia dapat menurunkan tekanan darah.

Terima kasih sudah membaca artikel teknik, cara, dan manfaat pijat titik refleksi pada kaki di blog ini. Biar lebih afdol, silahkan kunjungi artikel Jeng Ratna yang lainnya di blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel