-->

Aneka Makanan Khas Jepang yang Populer di Indonesia

Aneka makanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Serbuan kuliner dari berbagai negara yang masuk ke Indonesia sudah tak terbendung lagi. Tak terkecuali dari negeri sakura yaitu Jepang.

Banyak restoran cepat saji yang bermunculan dengan mengangkat tema kuliner Jepang. Perkembangan nya kian pesat dari waktu ke waktu. Tanpa di sadari, masyarakat kita pun sudah mulai hafal dan terbiasa dengan kehadiran kuliner Jepang tersebut mulai dari cemilan dan masakan nya yang khas.

Makanan Khas Jepang yang Populer di Indonesia

Makanan Jepang yang Populer di Indonesia


Berikut ini beberapa makanan khas Jepang yang menjadi 'booming' di Indonesia.

1. Sushi


Sushi adalah makanan Jepang dengan bahan utamanya adalah nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Uniknya nasi pada sushi adalah rasa masam yang lembut karena bumbu nya di campur dengan cuka, beras, garam, dan gula. Jenisnya nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, dan narezushi. Anda bisa membuat sendiri sushi yang praktis, sederhana ala Jepang.

2. Takoyaki


Takoyaki merupakan nama makanan dari daerah Kansai di Jepang, bentuknya unik seperti  bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang terbuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.

Makanan ini biasanya di jual di pinggir jalan sebagai cemilan. Umumnya di makan menggunakan tusuk gigi atau juga bisa memakai sumpit sekali pakai. Jenisnya di bagi berdasarkan tambahan pada cara makannya antara lain takoyaki polos, dengan saos, dan kecap asin. Cara membuat takoyaki pun juga cukup mudah.

3. Ramen


Merupakan rebusan mi hasil olahan tangan atau dengan mesin di masukan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang terbuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). Mie ramen biasanya berwarna kuning pekat yang dibuat dari tepung terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air dan bahan kimia tambahan seperti potasium karbonat, natrium karbonat dan asam fosfat.

4. Okonomiyaki


Adalah makanan khas Jepang dengan bahan yang terdiri dari tepung terigu yang diencerkan dengan air ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi kemudian digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Okono artinya suka suka dan yaki berarti di panggang. , merupakan jenis dari teppanyaki, yang bisa di makan langsung sebagai lauk nasi putih. Lapisan atas dari okonoyaki disesuaikan dengan selera orang yang mau menyantap nya.

5. Teriyaki


Teriyaki adalah metode memasak makanan Jepang dengan cara dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake, mirin, gula beraroma rasa. Bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi terlebih dahulu  dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Bahan yang di pakai antara lain ikan, daging dan cumi cumi.

6. Soba


Soba adalah salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda. Dalam bahasa Jepang, tumbuhan serealia gandum kuda juga disebut "soba". Jenis jenis soba antara lain soba segar, kering, beku, rebus dan instan.

7. Yakiniku


Yakiniku (daging panggang) adalah istilah dari bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Secara luas, yakiniku juga mencakup berbagai masakan daging sapi, babi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba (jingisukan), dan barbeque.

8. Onigiri


Onigiri (bahasa Indonesia: nasi kepal) adalah istilah dari bahasa Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, digunakan oleh kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan langsung dengan tangan, tidak memakai sumpit.

9. Mochi


Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

Namun, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.

10. Dorayaki


Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini berbentuk bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang nya.

11. Tempura


Tempura atau tenpura adalah makanan khas Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu dan kuning telur yang telah diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.

Selain itu tempura juga berarti cara menggoreng yang berbeda dengan furai (istilah bahasa Jepang untuk deep fry). Bahan makanan yang digoreng secara tempura dicelup ke dalam adonan tempura, sedangkan bahan makanan yang digoreng secara deep fry dibungkus secara berurutan dengan tepung terigu, kocokan telur, dan tepung panir.

Similar pos  : 10 KULINER UNIK KHAS INDONESIA

Gimana, udah tahu kan makanan impor dari Jepang yang populer di Indonesia. Moga menambah wawasan kuliner Anda. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel