-->

Wajib Tahu Jenis Penyakit Aneh dan Langka di Dunia

Penyakit aneh dan langka di dunia. Anda mungkin tidak akan membayangkan jika penyakit yang aneh atau langka tiba-tiba menyerang keluarga dan sanak saudara kita. Apalagi kita belum paham dan mengerti betul apa penyakit tersebut serta jenis pengobatannya.

Nah, saya akan sedikit berbagi informasi tentang beberapa penyakit aneh dan langka untuk kita kenali bersama.

Penyakit Aneh dan Langka


Walking Corpse (Syndrome Cotard)


Sindrom yang diberi nama dari penemunya yaitu Jules Cotard. Gejala yang terlihat adalah munculnya khayalan dan halusinasi yang berlebihan pada si penderita. Termasuk penyakit sangat langka dalam dunia medis dengan gejala depresi, selalu berpikir negatif, merasa dirinya sudah mati, sehingga ia merasa telah kehilangan beberapa bagian dari tubuhnya.

Penyakit Aneh dan Langka

Microcephaly


Mikrocephali secara bahasa berarti kepala kecil adalah kondisi neurologis dimana kepala bayi terlihat lebih kecil dari kepala anak-anak lain pada usia dan jenis kelamin yang sama. Kondisi ini terdeteksi pada saat lahir dan biasanya adalah hasil dari perkembangan otak yang tidak normal di dalam rahim atau tidak tumbuh sebagaimana mestinya setelah melahirkan.

Penyebabnya diduga kraniosynostosis, kelainan pada kromosom, penurunan oksigen ke otak janin, infeksi pada janin saat kehamilan, paparan obat-obatan alkohol atau bahan kimia beracun tertentu dalam rahim, kekurangan gizi yang parah, dan fenilketonuria yang tidak terkontrol.

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva


Merupakan jaringan ikat lunak yang semakin berubah menjadi tulang. Gejala yang sering muncul yaitu dimulai pada leher dan bahu dan berkembang di sepanjang batang, punggung, dan anggota badan dari tubuh selama dua dekade pertama kehidupan.

Kondisi ini muncul dari mutasi mekanisme perbaikan tubuh yang menyebabkan otot-otot, tendon dan ligamen, untuk mengonversi ke tulang ketika terjadi kerusakan.

Cutis Verticis Gyrata


Para ahli medis memperkirakan penyebabnya adalah gangguan genetik langka. Cutis verticis gyrata (CVG) adalah istilah untuk kondisi kulit kepala yang memiliki alur seperti lipatan berbelit-belit dan lubang galian.

Bentuk ini akibat dari kulit kepala yang menebal dan menyerupai pola cerebriform pada otak. Penyakit ini secara medis belum di ketahui pengobatan nya.

Lymphangioma hamartoma


Lymphangioma adalah malformasi kongenital sistem limfatik, yang mengakibatkan munculnya pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Sedangkan hamartoma adalah jenis tumor jinak yang tumbuh berlebihan pada jaringan tubuh.

Biasanya muncul di bagian tubuh seperti leher, ketiak, tangan dan paha. Menurut beberapa ahli medis, penyakit ini masih mungkin untuk di sembuhkan.

Argyria Syndrome


Argyria adalah penyakit kelainan genetik yang menyerang kulit, mengakibatkan kulit pada tubuh berwarna biru atau nila bahkan ungu. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang paling jarang ditemukan pada manusia. Gejala yang paling terlihat adalah berubahnya kulit menjadi biru kelabu.

Hypertrichosis (werewolf syndrome)


Hipertrikhosis adalah kelainan genetik yang abnormal dari pertumbuhan rambut pada tubuh dan termasuk dalam penyakit turunan. Dalam kondisi yang ekstrem, si penderita akan memiliki penampilan yang menyerupai manusia srigala (werewolf), karena banyaknya rambut yang menutupi hampir di seluruh tubuhnya.

Skizofrenia


Skizofrenia berarti pikiran yang terbagi. Secara biologis, skizofrenia disebabkan karena peningkatan neurotransmitter dopamin di otak, yang menyebabkan munculnya gejala-gejala perilaku, gangguan persepsi (mendengar suara yang aneh tanpa ada sumbernya), gangguan pola pikir yang berupa keyakinan-keyakinan tertentu yang tidak wajar, dan lain-lain.

Terdapat tiga gejala pada penyakit ini yaitu gejala positif (berkhayal, berhalusinasi, gangguan pikiran), negatif (kehilangan motivasi, menarik diri dari lingkungan) dan kognitif (sulit konsentrasi dan mengingat).

Penyakit Progeria


Progeria merupakan penyakit yang terjadi karena kesalahan pada kode genetik atau mutasi gen yang mengkodekan protein Lamin A. Gejala nya dapat dilihat secara fisik yaitu kebotakan, hilangnya alis dan bulu mata, kepala yang membesar, kuku dan gigi tumbuh tidak teratur, hilangnya lemak pada tubuh dan rambut sehingga wajah si penderita mengalami penuaan dini.

Saat ini progeria belum dapat di sembuhkan, namun penyakit ini tidak menular dan bukan penyakit turunan.

Parasitic Twin (Janin tumbuh dalam janin)


Biasanya terjadi pada kasus bayi kembar siam, dimana janin yang satu lebih aktif dan kuat di banding janin yang lain. Kedua janin akan tumbuh secara normal walaupun janin yang satu memiliki bentuk yang tidak sempurna dan hanya menggantung di tubuh janin yang lebih sehat.

Wendigo Psychosis


Penyakit ini akan membuat seseorang berperilaku kanibal, karena penyakit atau sindrom ini akan membuat penderitanya akan merasa ingin memakan daging manusia. Gejala nya bisa terlihat dari perubahan perilaku pada penderita menjadi lebih brutal, kasar dan sangat doyan makan daging manusia.

Itulah sedikit info tentang penyakit langka yang ada di dunia. Semoga kita tidak mengalami salah satu nya. Amin.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel