-->

Bagaimana Aromaterapi Bisa Mengubah Hidup Anda

Manfaat minyak aromaterapi mulai banyak dipakai sebagai bentuk alternatif penyembuhan terhadap beberapa jenis penyakit serta untuk perawatan kecantikan.

Pengertian aromaterapi itu sendiri hanyalah istilah generic untuk menyebut salah satu pengobatan alternatif dengan media utama berupa bahan cairan dari tanaman yang mudah menguap atau sering disebut minyak essential.

Tujuan metode aromaterapi adalah untuk mempengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang melalui penggabungan praktik pengobatan alternative dan kepercayaan kebatinan.

minyak wangi sebagai aromaterapi

Manfaat Minyak Wangi untuk Aromaterapi


Minyak wangi untuk aromaterapi memiliki sentuhan ajaib yang mampu merubah suasana rumah dan kantor Anda. Selain aroma minyak wangi yang menyebar ke setiap sudut ruangan melalui alat diffuser electric oil, ternyata ada banyak manfaat yang terkandung dari tiap jenis aroma wewangian yang berbeda-beda.

Inilah jenis-jenis aroma minyak wangi dan manfaat aromaterapi yang tersimpan di dalamnya.

1. Lavender


Lavender sudah popular dipakai untuk relaksasi. Aroma yang dipancarkan dari lavender bisa untuk menenangkan diri serta dapat membantu menambah kualitas tidur Anda.

Hal ini karenal lavender dipercaya bisa membantu meringankan depresi. Aroma wanginya sering digunakan sebagai obat pengganti dalam mengatasi gangguan tidur.

Lavender juga digunakan sebagai tonik untuk masalah saraf dan kecemasan. Apakah Anda saat ini mengalami stres lantaran soal pekerjaan? Coba tarik napas dan hiruplah aroma minyak lavender.

2. Apple Cinnamon Oil


Sebuah wewangian yang sudah populer, apel kayu manis telah digunakan untuk aroma yang manis tapi sedikit ‘pedas’. Bau apel dapat membantu meringankan sakit kepala migrain. Bahkan telah didokumentasikan bahwa bau apel kemungkinan mampu mengekang nafsu makan. Cocok buat Anda yang sedang dalam program diet.

Cinnamon - ada begitu banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari penggunaan rempah-rempah ini. Sebagai aroma, kayu manis dapat membantu meningkatkan kekuatan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan di Wheeling Jesuit University menyimpulkan bahwa peserta yang menghirup "bau" dari kayu manis mengalami peningkatan fungsi kognitif yang lebih baik.

Jadi ... bayangkan jika bau apel dan kayu manis dikombinasikan secara bersama-sama, wow kolaborasi yang oke.

3. Lillac Oil


Minyak ini diekstraksi dari tanaman bunga bernama Syringa Vulgaris (lebih dikenal dengan nama lilac). Minyak yang dihasilkan memiliki aroma bunga yang menyegarkan.

Dengan aroma yang menenangkan, minyak aromaterapi ini dapat membantu meringankan kecemasan dan membuat pikiran lebih rileks. Menawarkan suasana hati yang harmonis. Sudah banyak para aromatherapists menggunakan minyak lilac untuk bersantai bersama klien mereka.

Selain itu, lilac juga dapat menumbuhkan perasaan s3nsual1t4s yang menggebu-gebu. Hmm ....

4. Minyak Cendana


Cendana berasal dari batang kayu batang pohon "Santalum".  Lebih dari 4000 tahun cendana dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh nenek moyang manusia.  Memiliki aroma yang sangat eksotis, dengan karateristik bau yang lembut, hangat, dan woody.

Cendana sering digunakan dalam bentuk dupa. Hal ini juga digunakan dalam parfum, kosmetik dan aftershave.

Saat dibakar sebagai dupa atau minyak wangi, aroma unik cendana bisa membantu proses kejernihan mental. Ini sangat bagus untuk proses meditasi agar pikiran tetap fokus dan tenang pada saat yang bersamaan.

5. Egyptian Musk Oil


Salah satu minyak aromaterapi khusus. Musk Mesir adalah minyak yang sangat populer yang berasal dari Mesir. Aromanya lebih kental dengan unsur kayu, tajam, bersahaja dan harum. Orang Indonesia lebih mengenalnya sebagai minyak misik.

Konon Musk Mesir adalah salah satu minyak favorit dari Ratu Cleopatra yang telah banyak memikat kaum pria pada waktu itu. Hingga akhirnya, minyak ini dipercaya memiliki daya magis untuk memikat lawan jenis.
Awalnya minyak ini dibuat dari bagian tubuh hewan Musk (sejenis bison). Hingga akhirnya terjadi perburuan skala besar terhadap hewan ini yang mengakibatkan populasinya makin berkurang.

Sekarang bahan dasar pembuatan musk diganti dengan musk sintetis yang bersumber dari tanaman, seperti :
  • Musk Mullow atau Ambrette Seed
  • Musktree atau Muskwood
  • Musk Flower
  • Angelica Garden

Aroma minyak Musk Mesir digunakan untuk menyeimbangkan dan menenangkan emosi, sehingga dapat membantu meredakan stres.

6. Vanilla Oil


Vanilla mungkin salah satu aroma yang paling populer. Minyak ini memiliki karakter manis, hangat, kompleks dan menghibur. Vanilla adalah zat yang diperoleh dari biji vanili atau diproduksi secara artifisial dan digunakan untuk membumbui makanan manis atau untuk memberikan aroma yang harum pada beberapa peralatan kosmetik.

Awalnya Vanilla diciptakan untuk membantu bayi beradaptasi dengan stres dan membantu tidur, dengan efek menenangkan.

Sebuah studi di Tubingen University di Jerman mengungkapkan bahwa vanilla mengurangi refleks kejut pada manusia dan hewan. Karena sifat santai nya, aroma vanilla banyak digunakan dalam produk sabun mandi serta lilin untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Similar pos : 10 Cara Optimalkan Memori Otak biar Ngga Cepat Pikun

Nah jeng, itulah beberapa referensi minyak aromaterapi yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah kualitas hidup kita.

Pilih dan nikmati minyak wangi Anda untuk hidup lebih damai, rileks dan istirahat malam yang lebih berkualitas.

Ayo jeng, baca juga artikel unik ini :

Udah dulu ya jeng, Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel