-->

5 Khasiat Hebat Si Manis Kurma Bagi Kulit dan Rambut

Khasiat buah kurma untuk kecantikan kulit dan rambut. Buah favorit Rasulullah ini sering dijumpai dan dinikmati sebagai sajian buka puasa  di bulan Ramadhan.

Kurma termasuk jenis tanaman palma (Arecaceae), tergolong dalam genus Phoenix. Buah dengan nama latin Phoenix dactylifera ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin karena mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dengan kandungan kalori dan kalium yang cukup tinggi serta mudah dicerna oleh tubuh membuat kurma sangat cocok sebagai makanan berbuka puasa.

Istimewanya, buah kebanggaan masyarakat Timur Tengah ini dipercaya mampu menurunkan resiko serangan stroke disamping berbagai khasiat lainnya terutama untuk kecantikan kulit.

Khasiat Buah Kurma untuk Kecantikan

Khasiat Buah Kurma untuk Kecantikan


Berikut ini 5 khasiat buah kurma yang saya rangkum untuk Anda.

1. Memperbaiki sel kulit yang rusak


Kurma adalah salah satu sumber vitamin B5 atau asam pantotenat. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi sel-sel kulit karena dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kulit yang sehat dan cantik alami, tak ada salahnya mengonsumsi kurma secara teratur.

2. Menjaga kesehatan kulit


Kurma berperan sebagai sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit kering dan mati.

Dengan rutin mengonsumsi kurma kulit Anda akan senantiasa teregenerasi sehingga Anda selalu memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya.

3. Menghambat penuaan dini


Penelitian membuktikan kalau buah kurma mengandung antioksidan tinggi yang ampuh untuk mencegah kerusakan sel tubuh karena pengaruh buruk radikal bebas.

Tak hanya bekerja di dalam tubuh, antioksidan dalam kurma juga dapat menangkal radikal bebas yang meyerang kulit dari luar.

Konsumsi kurma secara teratur, kulit akan terhindar dari radikal bebas sehingga awet muda dan kencang lebih lama.

4. Menjaga kesehatan rambut


Vitamin B5 atau asam pantotenat merupakan salah satu nutrisi penting bagi kesehatan rambut. Dan kurma merupakan sumber vitamin B5 yang baik.

Dengan konsumsi kurma secara teratur, Anda bisa mencegah beberapa masalah rambut seperti rambut kering, rapuh, dan bercabang.

5. Menyehatkan kulit kepala dan akar rambut


Jika Anda menderita kerontokan rambut yang berlebihan, makan kurma secara teratur bisa membantu mengatasinya. Ini memberikan nutrisi ke akar rambut serta kulit kepala dan membuat rambut Anda lebih kuat.

Similar pos : Tips Merawat Rambut Tetap Sehat Meski Sering Di Styling

Tips Memilih Kurma


Agar mendapatkan kurma dengan kualitas terbaik, berikut ini tipsnya :
  • Pilih kurma yang telah dikemas dengan baik. Jika Anda membeli di pinggir jalan hindari memilih buah kurma dengan kemasan yang kotor dan lusuh. Debu dan asap bisa mempengaruhi rasa dan kualitas serta kebersihan si buah kurma.
  • Telitilah buah kurma saat akan membeli. Lihat bagian kulit arinya. Pilih buah kurma dengan kulit ari yang masih utuh dan belum terkelupas.
  • Buah kurma yang baik memiliki bentuk yang besar. Pilihlah kurma yang besar karena buah kurma yang kecil berarti sudah terlalu lama hingga mengering.
  • Pegang buah kurma dan pilihlah yang tidak lengket. Kurma yang baik dan manis tidak memerlukan tambahan gula atau madu. Biasanya ini trik si penjual karena kualitas kurma yang buruk.
  • Pilih kurma dengan warna cokelat, merah dan kekuningan. Jika terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama.
  • Pilih kurma dengan batang yang masih utuh. Ini dipercaya dapat mempertahankan rasa manis buah kurma.

Simpan Kurma dengan Baik


Semakin lama kurma disimpan teksturnya akan semakin lunak dan rasanya akan semakin manis.

Semua jenis kurma bisa digunakan sebagai bahan pendukung dalam pembuatan pudding, cake, cokelat, dan minuman. Bahkan beberapa negara menikmati kurma dengan memasukkan kacang-kacangan dan keju ke dalamnya.

Simpan kurma di tempat yang kering dan dalam wadah kedap udara, agar kurma tidak berjamur, dan dapat bertahan lebih lama tanpa merusak rsa, warna dan aromanya.

Itulah khasiat dan tambahan tips memilih kurma yang baik. Kali aja ada manfaatnya ya jeng. Sampai ketemu di artikel berikutnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel