-->

Tips Samarkan Stretch Mark agar Penampilan Makin PeDe

Tips menyamarkan stretch mark (tanda kerutan) pada kulit. Stretch mark sering membuat kaum hawa resah. Pasalnya, hampir 90 persen wanita disebut memiliki stretch mark, terutama di trimester terakhir kehamilan.

Meski tidak berbahaya, namun fenomena tersebut seringkali membuat wanita tidak pede dengan penampilannya.

Tips Menyamarkan Stretch Mark

Apa itu Stretch Mark?


Stretch mark adalah garis-garis berwarna putih pada kulit yang muncul akibat peregangan yang drastics dan elastisitas pada kulit sangat rendah. Biasanya ini terjadi ketika kulit mengalami gangguan berupa peregangan dalam waktu cepat seperti saat hamil, perubahan dari kurus ke gemuk, atau sebaliknya.

Masalah tersebut bisa juga disebabkan karena penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh.

Stretch mark biasanya terdapat di bagian paha, perut, payudara, lengan atas, dan b0k0ng. Selain menimpa wanita, kasus ini juga bisa terjadi pada kaum pria.

Stretch mark terjadi karena perubahan bentuk tubuh secara signifikan. Saat kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan bawahnya muncul ke permukaan.

Inilah sebabnya stretch mark paling sering terjadi pada masa kehamilan, kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. Selain itu bisa juga terbentuk pada masa pubertas, yaitu saat tubuh bertumbuh dengan cepat.

Similar pos : Sensasi Vaginoplasty Bikin Daya Cengkram Makin Kuat

Proses terjadinya stretch mark


Sebelum terbentuk, kulit biasanya akan menipis dan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal. Lama-kelamaan garis ini akan berubah menjadi warna putih yang kemudian akan menghilang, dalam hitungan bulan atau tahun.

Warna merah pada kulit muncul karena lapisan dermis yang menipis membuat pembuluh darah di bawahnya muncul dan tampak ke permukaan. Guratan ini kemudian menjadi putih setelah pembuluh darah mengerut.

Tanda Kerutan pada Kulit Perut

Stretch mark berbeda dengan selulit. Selulit merupakan lemak berlebih yang membentuk jaringan parut dan dapat dideteksi dengan cara menekan kulit. Ketika kulit ditekan dan membentuk jaringan seperti kulit jeruk, itulah selulit.

Selulit muncul ketika banyak lemak menumpuk dan terjebak dalam rongga-rongga kulit sehingga kulit tampak bergelombang.

Selulit banyak dijumpai di sekitar bokong, paha bagian belakang, pinggang dan payudara. Penumpukan lemak terjadi karena pengaruh hormon, gaya hidup dan metabolisme.

Jangan lupa, kebiasaan merokok serta terlalu banyak mengonsumsi alcohol juga bisa merusak jaringan ikat kulit sehingga menyebabkan stretch mark dan selulit.

Stretch mark biasanya sulit dihilangkan, namun ada satu cara jika Anda ingin menghilangkannya secara permanen, yakni dengan cara operasi.

Tapi bukan berarti Anda tak bisa mencegahnya. Jalani gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan dengan gizi seimbang, hindari rokok, minum kopi berlebih, serta kurangi asupan lemak dan garam.
Perbanyak minum air putih dan olahraga secara teratur agar tubuh terbebas dari stretch mark maupun selulit.

Tips Menyamarkan Stretch Mark


Selama ini mungkin Anda sering melihat iklan produk yang meyakinkan dapat memudarkan stretch mark di TV. Praktis memang, tak perlu ribet, tapi harganya juga ngga main-main.

Tenang jeng,..Anda juga bisa menghilang stretch mark dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, antara lain :

1. Jus Kentang


Jus kentang bisa menyamarkan garis dan bercak kehitaman yang tampak pada stretch mark. Selain itu, jus kentang juga disebut bisa membuat kulit tampak lebih cerah.

Caranya : Haluskan satu buah kentang dengan blender atau juicer. Lalu oleskan jus yang dihasilkan tadi pada area stretch mark dengan menggunakan cotton bud.

2. Minyak vitamin E


Sama seperti jus kentang, minyak vitamin E juga disebut bisa menyamarkan stretch mark. Tenang jeng, meski kedengarannya “bergengsi”, minyak vitamin E masih lebih murah dibandingkan dengan lotion penghilang stretch mark.

3. Gula pasir


Gula mengandung asam glikolat yang dapat mengangkat sel kulit mati dengan kulit baru yang lebih muda. Meskipun hasilnya tidak sempurna, namun gula pasir dapat membuat kulit lebih halus dan lembut.

4. Putih telur


Putih telor yang kaya akan protein dan vitamin A ternyata dapat mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit, sekaligus menambah produksi kolagen.

Selain vitamin E, tiga bahan lainnya cukup diambil dari lemari penyimpanan bukan?

Mulai sekarang, katakan bye-bye  pada stretch mark. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel