-->

Cara Menaklukkan Orang Marah Jadi Baik Seketika

Cara menghadapi orang marah. Mengendalikan emosi orang saat sedang marah itu sulit banget. Butuh treatment khusus plus kesabaran tingkat tinggi.

Anda semua tentu pernah terjebak situasi seperti ini. Orang ngga ada angin badai tahu-tahu marah, ngomel, nyolot sampai bikin otak mendidih. Bisa dari pasangan, teman, rekan kerja, atau bahkan orang asing!

Andaikan Anda termasuk tipe cinta damai, senang membahagiakan orang lain, momen seperti itu tentu bikin Anda tidak nyaman. Betul kan?

Pastinya sebisa mungkin Anda ingin menemukan solusi masalah agar segalanya menjadi lebih baik. Atau minimal ketemu cara mengatasi rasa marah yang efektif. Masalahnya, bagaimana Anda membuat seseorang yang marah pada Anda tiba-tiba menjadi baik?

cara mengatasi orang marah

Cara Menghadapi Orang Marah


Situasi ini memang cukup unik. Anda harus menentukan cara terbaik untuk melakukan pendekatan pada orang yang marah pada saat itu.

Dalam banyak kasus, tips dan siasat berikut ini terbukti berhasil meredam konflik.

1. Jangan membalas dan terprovokasi


Aturan nomor satu adalah menghindari bentrokan fisik. Tak peduli apa yang telah orang lakukan pada Anda. Usahakan jangan menyerang balik. Ini hanya akan membuat orang lebih marah.

Contoh paling umum adalah ketika seseorang uring-uringan lalu tiba-tiba memotong jalan Anda karena Anda mengemudi lebih lambat dari yang mereka inginkan. Jika Anda merespons dengan membalas memotongnya, ini akan membuat mereka semakin jengkel.

Sekeras apapun, jangan pernah membalas tindakan marah dengan kemarahan. Meskipun Anda merasa tidak dihargai. Jangan sampai ego menguasai diri Anda. Pastikan Anda tidak tampil sarkastis, karena ini bisa membuat seseorang murka hingga darahnya mentok ke ubun-ubun.

2. Tunjukkan Anda peduli


Alih-alih bertindak marah, tunjukkan pada orang yang Anda sayangi tentang situasinya. Anda akan menemukan bahwa orang yang sering marah seperti itu karena mereka merasa salah paham.

Luangkan waktu untuk mendengarkan. Cara ampuh ini cukup untuk mengubah sikap mereka (bergantung pada situasinya). Inilah beberapa “sentuhan kecil” yang bisa Anda coba :

“Bisakah Anda ceritakan apa yang salah? Mungkin aku bisa membantu.”
“Saya minta maaf jika Anda merasa seperti itu. Apakah ada yang bisa saya lakukan?”
“Ini seharusnya tidak terjadi.Apa yang Anda rasakan?”

Ungkapan hati seperti ini akan untuk membuat orang marah memuntahkan semua uneg-unegnya. Anda akhirnya dapat membantu mereka mengatasi masalah dengan membiarkan mereka membicarakannya.

3. Jadilah lebih manusiawi


Jika orang yang marah mengarahkan kedengkian mereka ke arah Anda, cara tercepat untuk mengurangi frustrasi adalah dengan membuat diri Anda tampak lebih manusiawi.

Katakan kepada mereka bagaimana kemarahan itu membuat Anda merasa takut, bingung, atau cemas - dan pastikan bahwa Anda tidak bermaksud membahayakan mereka melalui kata-kata atau tindakan Anda.

4. Ringankan mood


Mood sangat berkaitan dengan suasana hati (emang gitu kok definisinya he he he). Tapi Anda harus hati-hati dengan teknik ini. Orang berhati hitam umumnya kurang begitu suka diajak becanda.

Jadi, ceritakan sebuah lelucon dengan santai, sambil tersenyum, atau menambahkan perspektif pada sesuatu yang sebenarnya bukan masalah besar.

Disini Anda harus tahu kapan harus menempatkan diri. Jika lolos, Anda akan mendapat kemenangan hidup yang sesungguhnya.

Similar pos : Rahasia Mengatasi Rasa Marah Yang Efektif 

Jangan Biarkan Orang Lain Merusak Hari Anda


Bila semua ucapan sama dengan perbuatan, bukan tidak mungkin Anda akan bisa mengendalikan emosi orang lain.

Tak peduli seberapa keras Anda mencoba, kadang ada saja orang yang memang hidupnya diliputi kemarahan. Semboyan hidup mereka “Ngga kenyang kalo ngga marah.”

Jika memungkinkan, jangan biarkan orang model begini merusak hari Anda. Pilihlah kebaikan dan Anda akan menjadi orang yang lebih baik.

Sekian dari saya. Semoga bisa menginspirasi. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel