-->

7 Macam Modifikasi Minuman Kopi Yang Mendunia

Modifikasi minuman kopi yang mendunia. Siapa yang tak pernah minum kopi? Pasti semua sudah pernah merasakan nikmat dan aroma minuman ini.

Minuman kopi tidak hanya sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif.

Trend ini kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis bagi para pelaku bisnis cafe yang kemudian berlomba-lomba menyajikan resep minuman kopi yang mewah dan modern yang seolah tidak mau kalah dengan gerai kopi internasional yang semakin melebarkan sayap bisnisnya ke beberapa kota besar di dunia.

Modifikasi Minuman Kopi

7 Macam Modifikasi Minuman Kopi


1. Kopi Americano


Kopi Americano adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu seloki espresso dengan air panas. Air panas yang digunakan dalam minuman ini sebanyak 6 hingga 8 ons. Nama dari kopi ini pada awalnya merupakan ejekan bagi orang-orang Amerika yang meminta agar espresso mereka dibuat menjadi lebih encer.

2. Espresso


Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.

Espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil.

Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut 'crema' yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan.

3. Black Coffee


Kopi , disajikan sebagai minuman tanpa krim atau susu.

4. Cofee Latte


Latte atau Caffè latte (bahasa Italia yang artinya kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 3:1.

5. Cofee Au Lait


Café au lait (bahasa Perancis yang artinya kopi susu) adalah campuran kopi hitam yang tajam dengan susu panas. Café au lait memiliki kesamaan dengan caffé latte tetapi café au lait menggunakan kopi hitam dan bukan espresso.

Perbandingan susu dengan kopi dalam café au lait adalah 1:1 sehingga rasa dari kopi tidak terlalu intens.

Orang-orang Perancis meminum café au lait pada saat makan pagi. Minuman ini dibuat dengan menyaring kopi yang telah digiling bersama dengan chicory yaitu suatu tanaman yang akarnya dibakar dan dapat digunakan sebagai pengganti kopi.

Saringan yang digunakan adalah kain yang berbahan katun yang disebut "kaus kaki kopi" atau "café chaussette".

Similar post : Nikmatnya Kopi dalam Aneka Sajian Makanan

6. Cappuccino


Cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam.

Cappuccino berbeda dengan latte macchiato, yang kebanyakan terdiri dari susu dan sedikit busa. ("Cappuccino kering" mengandung lebih sedikit susu.)

7. Coffee Machiato


Coffee macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan apabila espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka disebut dengan latte macchiato.

Terima kasih sudah membaca artikel 7 Macam Modifikasi Minuman Kopi Yang Mendunia di blog ini. Biar lebih afdol, silahkan kunjungi artikel Jeng Ratna yang lainnya di blog ini.

Terima kasih dan sampai jumpa.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel