-->

Bahaya Penyedap Rasa Buatan (MSG) di Dapur Kita | Penyedap Rasa Alami

Bahaya penyedap rasa buatan (MSG) di dapur kita. Penyedap rasa adalah bahan tambahan makanan yang memberikan rasa pada bahan tertentu, sehingga suatu makanan dapat bertambah manis, asam, dan sebagainya. Umumnya diberikan kepada makanan yang tidak atau kurang memiliki rasa (misal agar-agar, masakan berkuah, dan sebagainya) sehingga disukai konsumen.

MSG, di masyarakat kita sering disebut Vetsin, atau orang Jawa ( termasuk saya ) bilangnya “Micin”. Penyedap rasa buatan yang sudah sangat lazim digunakan sebagai bumbu masakan. Bahkan tak sedikit yang menganggap tak akan sedap masakan itu tanpa micin.

Bahan yang paling penting untuk membuat MSG yaitu asam glutamat yang berupa asam amino yang ada pada tumbuhan, hewan, minyak bumi dan pada tubuh mauusia. Pernah diberitakan bahwa asam glutamat itu dibuatnya dari otak babi. Hal ini sukar untuk dipercaya sebab tidak ekonomis, susah untuk membuatnya dan lagi asam asam glutamate yang ada di dalam otak babi itu hanya berkadar 0.01 %.

Similar pos : Ngga Nyangka, Bentuk Potongan Sayur ternyata Ada Namanya

MSG merupakan zat aditif yang terdiri dari garam dan asam glutamat. Kedua bahan ini bisa mengganggu kinerja sistem saraf otak. Pemakaian MSG dalam dosis tinggi bahkan bisa mengakibatkan serangan epilepsi.

Untuk menghindari dampak negatif dari MSG, kontrol lah asupan MSG sejak dini. Jika perlu, gunakan bumbu dapur yang lebih alami dan aman bagi tubuh.

Bahaya Penyedap Rasa Buatan (MSG)

Penyedap Rasa Alami

  1. Bawang putih. Memar kan bawang putih yang telah di kupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa di halus kan, kemudian di tumis agar lebih merata dengan bahan lainnya.
  2. Udang, teri atau ebi. Makanan laut memiliki ‘vetsin’ alami dalam tubuhnya, menghasilkan rasa gurih dan nikmat baik ketika dimasak sendiri ataupun dicampurkan ke dalam bahan lain. Untuk udang, teri atau ebi kering, Anda bisa mengeringkan nya dengan oven, kemudian menggerus nya dengan food processor untuk mengubah bentuknya menjadi bubuk.
  3. Kaldu ayam atau sapi. Kaldu dari ayam atau sapi paling pas untuk semua masakan. Anda bisa menggunakan tulang belulang atau daging yang direbus dalam air mendidih selama beberapa waktu untuk membuat kaldu ini. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat.
  4. Gula pasir. Sudah bukan rahasia jika gula pasir bisa menjadi pengganti MSG. Tambahkan sedikit saja gula pasir ke dalam masakan Anda, maka rasa gurih masakan justru akan keluar. Jangan terlalu banyak ya, agar masakan Anda tidak menjadi manis.
  5. Garam. Ada beberapa rahasia yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan penyedap rasa alami. Bila Anda suka rasa gurih, Anda bisa menggunakan garam pada masakan dan tak perlu memakai mecin lagi. Namun untuk mengurangi pemakaian secara berlebihan, kaldu atau stock buatan sendiri bisa menjadi pilihan.
  6. Keju. Keju selain kaya nutrisi, juga bisa digunakan untuk masakan karena rasanya yang asin.
  7. Tempe. Tempe bisa menjadi penyedap rasa alami yang dapat diandalkan. Selain sehat, tempe juga sudah terbukti sebagai sumber protein dan kalsium yang tinggi. Sebab tempe terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang di fermentasi kan. Jika Anda ingin membuatnya sebagai penyedap rasa maka sebaiknya ambil tempe yang belum diolah atau belum diberi bumbu apa pun. Cukup Anda potong-potong kecil tempe segar ini. Nah, tumisan kangkung atau tumisan aneka sayuran lainnya jadi gurih sekali. Jangan lupa masakannya tambahkan bubuk lada putih halus.

Terima kasih sudah membaca artikel Jeng Ratna tentang Bahaya Penyedap Rasa Buatan (MSG) di Dapur Kita. Biar lebih afdol, silahkan kunjungi artikel Jeng Ratna yang lainnya di blog ini. Sampai jumpa.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel