-->

Manfaat dan Cara Terapi Hipnotis | Belajar tentang Hipnotherapi

Manfaat dan Cara Terapi Hipnotis. Banyak orang menyebut hipnosis sebagai hipnotis. Hipnoterapi tidak lepas dari pembahasan hipnosis. Hipnosis adalah suatu kondisi keadaan sadar yang masuk dan keluar secara alami sepanjang waktu selama Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Tingkat getaran pada gelombang otak Anda melambat, sehingga memberikan kesempatan kepada Anda sebuah akses untuk masuk ke pikiran bawah sadar. Sementara itu pikiran sadar Anda masih benar-benar menyadari apa yang sedang terjadi selama proses hipnosis berlangsung.

Dalam keadaan rileks, pikiran bawah sadar Anda memiliki kemampuan untuk menerima segala saran, pesan atau informasi yang diberikan kepadanya melalui praktek hipnosis.

Ada yang berpendapat hipnosis merupakan bagian dari seni. Namun lebih banyak yang beranggapan hipnosis itu adalah salah satu bagian dari ilmu psikologi. Nanti bisa anda simpul kan sendiri masuk ke kategori mana hipnotis, setelah kita simak beberapa penjelasan mendetail tentang hipnosis dan ilmu terapan nya yaitu hipnotherapi.

Hipnosis semakin dikenal seiring dengan meningkatnya penerapan pada dunia medis. Dalam pengobatan, hipnosis di pakai untuk mengubah mekanisme otak manusia dalam menginterprestasikan pengalaman perubahan pada persepsi dan tingkah laku. Aplikasi hipnosis ini bertujuan untuk perbaikan (therapeutic) yang dikenal sebagai hipnotherapi.

Belajar tentang manfaat Hipnotherapi

Berdasarkan ilmu psikologi, pikiran manusia terbagi menjadi dua, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran Sadar

Pikiran sadar identik dengan logis dan analitis yang terbagi dalam empat fungsi :
  • Menganalisis dan menjadi solusi dari berbagai masalah
  • Membuat keputusan secara otomatis.
  • Sebagai kekuatan kehendak.
  • Tempat dari memori otak bekerja.

Pikiran Bawah Sadar
  • Lebih dominan dari pada pikiran sadar, karena mempunyai prosentase lebih besar dari pikiran kita.
  • Secara otomatis mengontrol fungsi tubuh kita. Pernapasan, detak jantung, mata berkedip, sistem kekebalan tubuh dan organ.
  • Identik dengan kreatif, intuitif, rasional, dan emosional.
  • Memprogram semua aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

Similar pos : Phobia Terunik dan Teraneh yang Patut Anda Ketahui

Cara Hipnotherapi Bekerja


Ada berbagai macam cara dalam ilmu hipnotherapi namun salah satu metode yang paling umum digunakan adalah teknik relaksasi progresif. Dengan metode ini, seorang terapis akan membantu para klien nya untuk memasuki kondisi hipnosis melalui prosedur relaksasi atau penenangan jiwa.

Pasien akan lebih mudah untuk menerima semua sugesti atau saran yang diberikan oleh seorang terapis. Terapis kemudian memberikan saran positif untuk menghasilkan perubahan yang bermanfaat dalam kehidupan pasien.

Banyak reaksi pro dan kontra terhadap hipnosis. Ada yang berpikir bahwa hipnosis sama dengan magic. Untuk mulai proses hipnosis hanya diperlukan keadaan yang relaks dan nyaman, sama sekali tidak ada mantra atau ritual khusus.

Hipnosis sebenarnya merupakan suatu keadaan seseorang yang sangat rileks namun tetap terkonsentrasi. Kondisi hipnosis bukan berarti seseorang tertidur atau tidak sadar, mereka masih tetap bisa berinteraksi jika di ajak bicara. Kondisi seperti inilah inti dari pengobatan hipnotherapi.

Namun kunci utama dari hipnotherapi adalah si pasien mau dan menerima dengan tulus untuk di hipnosis. Tidak adanya unsur paksaan akan membuat proses hipnotherapi berjalan dengan baik.
Ada lima komponen untuk menginduksi hipnosis.
  • Motivasi, Proses hipnosis harus dari kehendak Anda sendiri.
  • Relaksasi, Hipnosis adalah keadaan santai yang mendalam bahkan hampir mirip tidur.
  • Konsentrasi, di butuhkan kemampuan untuk berkonsentrasi.
  • Imajinasi, menciptakan situasi yang mampu merangsang imajinasi Anda.
  • Sugesti, Anda akan mendengar dan merespon semua sugesti yang diberikan oleh alam sadar.

Terdapat beberapa reaksi tubuh saat proses hipnosis, yang di gunakan untuk mengetahui tingkat kedalaman dari seseorang yang telah di hipnosis.
  • Kesemutan di ujung jari
  • Mati rasa
  • Seperti ada cahaya dan hanyut dari tubuh Anda
  • Sebuah perasaan berat seperti Anda sedang tenggelam
  • Munculnya energi yang bergerak melalui tubuh Anda
  • Emosi yang terkuras
  • Kelopak mata berdenyut
  • Air liur yang menetes dari mulut

Saat terhipnosis, sang hipnotherapi akan memanfaatkan kondisi tersebut untuk memasukkan sugesti yang positif kepada pasien yang berhubungan dengan keluhan dari si pasien.

Apakah hipnoterapis bisa mengetahui rahasia seseorang ?


Seorang hipnotherapi profesional tidak akan membuang waktunya hanya untuk mengungkap rahasia pribadi. Mereka lebih fokus untuk menyembuhkan dan mencari akar masalah yang terjadi. Terdapat kode etik profesi yang mengikat seorang hipnotherapis untuk menjaga rahasia pasiennya. Dalam kondisi terhipnosis, anda tetap sadar dan anda bisa menolak menjawab pertanyaan yang diajukan terapis.

Apakah saat dihipnosis hanya bisa dibangunkan oleh hipnotherapisnya saja?


Teknik terminasi adalah teknik untuk membangunkan pasien dari kondisi terhipnosis., hal ini hanya untuk menghindari rasa disorientasi seperti pusing, dan tidak nyaman. Anda yang pegang kendali saat sesi terapis sehingga tidak perlu hipnotherapis yang melakukannya. Karena anda tidak tidur tapi tetap sadar saat sesi hipnoterapi.

Apakah hipnosis memakai mantra tertentu?


Hipnosis hanya memakai bahasa yang anda mengerti, bisa berhasil kalau anda mengerti dan bisa berkomunikasi dengan terapis, bila anda hanya bisa berbahasa indonesia tetapi terapis nya berbahasa inggris, proses hipnotis tidak akan terjadi.

Mungkinkah saya dilecehkan secara seksual oleh hipnoterapis saat dihipnotis ?


Keadaan hipnosis bukan berarti anda tertidur pulas. Hipnoterapi dilakukan tanpa adanya kontak fisik. Kita bisa menolak bila merasa ada suatu ketidakwajaran. Bila anda ragu, anggota keluarga bisa mendampingi anda saat sesi hipnosis, karena keraguan bisa menghambat proses hipnoterapi.

Manfaat Hipnoterapi


Dalam kasus medis seperti kanker dan serangan jantung, hipnotherapi terbukti mengatasi permasalahan dalam proses pemulihan kondisi seorang penderita, karena metode hipnotherapi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memprogram ulang persepsi individu terhadap penyakit yang di deritanya.

Ketergantungan pada rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang dapat di atasi dengan metode ini, yaitu dengan memberi sugesti yang positif lewat hipnosis, untuk membangun emosional yang positif berkenaan dengan kebiasaan buruk sang pasien tersebut.

Phobia yang parah sekalipun mampu di obati dengan hipnotherapi, yaitu dengan menciptakan gambaran nyata lewat hipnosis tentang kondisi phobia dari si penderita melalui kondisi yang rileks. Hal ini untuk menyesuaikan ulang reaksi mereka terhadap phobia yang di alaminya dengan respon yang lebih tenang.

Trauma seseorang kadang sangat sulit di hilangkan, namun dengan metode regresi dari hipnotherapi mampu membawa seseorang kembali ke masa lampau sehingga trauma bisa di sembuhkan dengan memberikan kesempatan untuk mengubah fokus perhatian.

Dalam dunia pendidikan, hipnotherapi di percaya mampu mengoptimalkan daya ingat seseorang dan lebih fokus.

Berikut adalah beberapa fakta tentang hipnosis yang perlu Anda ketahui.
  1. Hipnosis adalah suatu keadaan pikiran yang alami dan semua orang bisa masuk ke kondisi seperti ini setiap hari tanpa mereka menyadarinya.
  2. Hipnotis dapat berjalan jika si pasien setuju untuk di hipnosis, jadi tidak ada unsur paksaan.
  3. Hipnosis bisa menjadi salah satu alternatif bagi kita untuk merubah pikiran dan motivasi dalam berkreatif.
  4. Hipnosis banyak digunakan untuk tujuan medis, namun saat ini banyak di pakai untuk tujuan hiburan semata.
  5. Hipnosis di gunakan untuk membantu para pasien dalam meningkatkan kondisi tubuh agar lebih sehat melalui penurunan denyut jantung dan memperlambat pernapasan.
  6. Hipnosis adalah keadaan sugesti tinggi dari alam sadar.
  7. Hypnosis menggunakan proses alami manusia untuk mengubah pola perilaku negatif menjadi pola perilaku positif.

Dengan menyadari dan memperhatikan proses dari hipnosis, kita tidak perlu menjadi khawatir dalam menjalani sesi hipnosis. Efek dari hipnosis bersifat kumulatif, semakin banyak teknik yang dipraktekkan maka saran hipnosis tersebut hasilnya akan semakin baik bagi kita dan bersifat permanen.

Demikian beberapa tulisan dari jeng Ratna tentang Manfaat dan Cara Terapi Hipnotis | Belajar tentang Hipnotherapi. Semoga bermanfaat. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel