-->

Mitos dan Fakta Seputar Susu

Mitos fakta minuman susu. Banyak slentingan yang beredar di luar sana terkait masalah susu. Minum susu tak boleh berbarengan dengan obat. Minum susu sebelum tidur bisa membuat tidur nyenyak. Susu dapat membuat obesitas.

Ada yang bilang itu fakta, tapi banyak juga yang meragukan dan menganggapnya sekedar mitos. Lalu mana yang benar?

Mitos Fakta Minuman Susu


Mari kita urai satu persatu berdasarkan penjelasan dari seorang analis gizi Anita Pratiwi, Amd.Gizi., dari RSIA Hermina Bogor. Ini dia…

Mitos Fakta Minuman Susu

Tidak boleh minum susu berbarengan dengan minum obat. Atau, minum susu segera setelah minum obat. ----> FAKTA.

Penjelasan : Susu mengurangi absorbsi antibiotic dalam tubuh sehingga menghambat penyerapan tubuh terhadap komponen tertentu di dalam obat, misalnya zat besi.

Beberapa obat seperti antibiotic mengandung tetrasiklik yang bereaksi dengan susu. Contoh lain, kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu efektivitas obat tiroid.

Minum susu sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak.  -----> FAKTA.

Penjelasan : susu mengandung asam amino, misalnya tryptophan yang dapat membantu tubuh memproduksi hormone yang dibutuhkan untuk membuat tidur tenang.

Asam amino ini akan memicu/menginduksi tidur dengan menaikkan serotonin. Serotonin berperan penting untuk membuat orang relaks dan tidur pada malam hari. Akan tetapi membuat kita terjaga penuh pada siang hari.

Susu bisa menggantikan makanan yang biasa/rutin dikonsumsi sehari-hari.  -----> MITOS.

Penjelasan : Susu hanya sebagai menu pelengkap, bukan sumber zat gizi utama. Bila hanya mengonsumsi susu, kecukupan energi dan zat gizi tidak terpenuhi.

Jadi, setiap individu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar kebutuhan zat gizi, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh tercukupi.

Bila baru sembuh dari sakit, sebaiknya minum susu untuk membantu pemulihan.  ----> FAKTA.

Penjelasan : Susu dapat membantu pemulihan pasca sakit karena mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Protein dalam susu dapat membentuk sel/jaringan baru sehingga membantu proses pemulihan.

Hati-hati, susu bisa membuat gigi rusak.  ----> FAKTA.

Penjelasan : Konsumsi susu apalagi saat tidur dapat merusak gigi. Kenapa? Karena saat tidur terutama malam hari, produksi saliva atau air liur secara otomatis berkurang.

Berkurangnya saliva dan susu inilah yang menjadi sarana bagi kuman di muut berkembang dan mengubah susu menjadi asam. Asam ini yang menjadi awal pemicu terbentuknya lubang/karies gigi.

Susu bisa bikin obesitas.  -----> MITOS.

Penjelasan : Susu pertumbuhan justru mengontrol nafsu makan sehingga mengurangi risiko obesitas.
Dalam hal ini, pemilihan susu sebaiknya tidak mengandung gula tinggi dan mudah dicerna. Tujuannya, menjaga kalori yang diasup dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Susu juga mengandung CLA (conjugated linolenic acid) yang dapat mencegah kegemukan/obesitas. Akan tetapi, sekali lagi, semua bergantung pada asupan makanan lainnya.

Susu dapat menyebabkan diare.  -----> FAKTA.

Penjelasan : Memang ada individu yang mengalami intoleransi terhadap laktosa. Nah, bagi individu tersebut, bila mengonsumsi susu yang mengandung laktosa dapat menyebabkan diare.

Untuk orang yang mengalami hal ini dapat memilih untuk mengonsumsi susu yang tidak mengandung laktosa, misalnya susu kedelai.

Susu membuat kulit halus.  -----> FAKTA.

Penjelasan : Susu mengandung vitamin A dan D yang membantu membuat kulit halus dan sehat. Selain itu, mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit.

Protein dan zat besi pada susu dapat memperlambat proses penuaan, asam laktat pada susu berperan melembapkan kulit dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang sehat.

Susu bisa membuat tubuh menjadi lebih tinggi.  -----> MITOS.

Penjelasan : Untuk menambah tinggi badan, seseorang membutuhkan beberapa asupan nutrisi penguat tulang dan komponen penyeimbang hormone.

Nah, salah satu asupan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan tinggi badan adalah kalsium. Namun tidak semua susu berkalsium tinggi dapat menambah tinggi badan secara efektif karena adanya perbedaan tingkat penyerapan kalsium tergantung dari jenis kalsium itu sendiri.

Similar pos : Yuk Kenali 4 Ragam Produk Susu, Biar Sehat !

Itulah mtos dan fakta seputar minuman susu yang sering kita konsumsi sehari-hari. Moga lebih tahu ya jeng. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel