-->

Cara Ampuh Basmi Komedo, Paling Bandel Sekalipun!

Cara menghilangkan komedo. Bagaimana cara menghilangkan komedo di area kulit hidung? Seperti yang kita tahu, komedo adalah jenis masalah kulit yang bisa dibilang sedikit keras kepala.

Cara Menghilangkan Komedo


Komedo merupakan benjolan kecil berwarna kemerahan, coklat kemerahan atau hitam yang merupakan hasil dari pori-pori kulit yang tersumbat.

Sel kulit mati dan minyak menumpuk di polikel kulit hingga menyebabkan benjolan. Jika kulit di atas benjolan ini terbuka, paparan udara akan membuatnya terlihat hitam (disebut blackhead).

Kita semua benci komedo. Meski dibenci, tapi faktanya hampir setiap orang punya komedo. Dan memencetnya bukanlah ide terbaik karena dapat menyebabkan kulit meradang, dan akhirnya, membentuk jaringan parut.

Mereka seperti kecoa. Setiap kali dienyahkan, muncul lagi lusinan kroni-kroninya yang lain. Mirip pepatah “hilang satu tumbuh seribu”. Bener-bener ngeselin kan?


Cara Menghilangkan Komedo Bandel di Hidung


Jika komedo tak diurus, mereka akan mengembangkan akarnya di lapisan kulit. Tapi Anda tak perlu cemas, ada cara sederhana untuk menyingkirkan komedo yang membandel.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghilangkan komedo di hidung Anda. Simak baik-baik ya…
  • Pertama, bersihkan kulit hidung dengan cuci muka memakai sabun ringan untuk menghilangkan minyak dan kotoran.
  • Gunakan scrub anti komedo. Pijat lembut pada kulit hidung yang basah dengan gerakan melingkar kecil selama lima menit. Sel-sel mati akan mengelupas dari kulit sehingga komedo akan lebih mudah dihilangkan.  
  • Isi panci besar dengan air dan panaskan di atas kompor sampai mendidih. Angkat panci dari kompor, lalu arahkan wajah tepat di atas uapnya. Hati-hati jangan sampai kulit bersentuhan dengan panci yang masih panas. 
  • Letakkan handuk di atas belakang kepala untuk menahan uap di wajah Anda. Uap akan membantu melonggarkan komedo dan membuatnya lebih mudah dilepas. Lakukan ini selama 10 menit. Misalkan uap membuat wajah jadi perih, Anda bisa memfokuskannya hanya pada hidung saja.
  • Berikutnya membuat racikan kecil untuk menghilangkan komedo dari hidung. Campur 4 sdt baking soda dengan 1 gelas air mineral. Oleskan pasta baking soda ke hidung Anda, dan biarkan kering selama 10 menit. Baking soda akan membantu mengeluarkan kotoran dari kulit, termasuk kotoran dari komedo. Bilas dengan air hangat untuk menghilangkan bekas atau sisa pasta.

Baca juga : Bye..Bye..Jerawat!

Setelah itu, ketika Anda mencoba menghilangkan komedo di hidung dengan bantuan extractor apapun, mereka akan keluar dengan mudah.

Untuk sesudahnya, bersihkan hidung dengan toner atau air mawar.

Cara Membasmi Komedo

Cara Alternatif Basmi Komedo di Kulit


Berikut adalah cara lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan komedo membandel pada kulit.
  • Membasmi komedo di kulit relatif lebih mudah daripada di hidung. Bisa dengan mandi uap atau berendam di bak air hangat. Cara ini tak hanya membuka pori-pori tapi juga melembutkan kulit sehingga komedo bisa lepas dengan mudah.
  • Selanjutnya, tutup jari telunjuk dengan tisu atau kain lap. Regangkan bagian kulit berkomedo dengan jempol dan pegang kepala bagian bawah dengan memberi tekanan lembut pada kedua sisinya. Anda juga bisa menggunakan pinset ataupun blackhead extractor untuk menghapusnya.
  • Gosokkan lemon di atas area komedo sebelum Anda tidur. Di malam hari, jus lemon akan menutup pori-pori untuk menghalangi masuknya minyak atau kotoran penyebab tersumbatnya pori-pori kulit. 
  • Untuk menghilangkan komedo, jangan mengoleskan lemon di wajah karena akan menimbulkan ruam pada kulit.

Ada juga teknik sederhana lainnya untuk menghilangkan komedo bandel pada kulit. Setelah mandi, gosokkan sudut handuk ke arah yang berlawanan dengan serat kainnya, blackhead akan hilang setelah beberapa kali mencoba.

Oke jeng, demikian sedikit informasi dari saya. Moga ada manfaatnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel