-->

Cukupi 7 Nutrisi Ini Saat Hamil | Wanita Wajib Baca

Nutrisi penting bagi ibu hamil. Wanita mana yang tak ingin diberi momongan oleh Sang Pencipta? Momen kehamilan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh sepasang pengantin baru.

Selain itu, kehadiran sang jabang bayi sungguh teramat didambakan oleh sepasang suami istri yang telah lama menikah tapi belum dikaruniai seorang anak.

Seorang laki-laki khususnya para suami akan histeris ketika mengetahui istri tercintanya mengandung janin yang memang telah diharapkan kehadirannya. Istripun ikut gembira dengan momen tersebut. Lengkap sudah kodratnya sebagai wanita.

Tapi jeng, tidak cukup sampai disitu. Sebagai calon ibu, Anda harus menjaga agar bayi tetap sehat di dalam kandungan. Karena itu, sebagai suami Anda wajib turut memperhatikan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil serta janin dalam kandungan istri Anda.

nutrisi penting bagi ibu hamil

Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil


Nutrisi yang cukup saat kehamilan merupakan hal terpenting yang tidak boleh terabaikan dan dipandang sebelah mata. Jika sampai teledor, akan terjadi berbagai keluhan yang dirasakan oleh si ibu hamil serta terjadinya berbagai kelainan pada bayi yang dilahirkan.

Similar post : Plus Minus Teh Hijau bagi Ibu Hamil

Jangan sampai terjadi hal yang tidak diharapkan pada istri Anda. Nah, untuk itu ketahuilah berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti di bawah ini.

Ayo di baca jeng…

1. Makanan berprotein


Sangat disarankan untuk ibu hamil mencukupi kebutuhan protein sebanyak 75 sampai dengan 100 gram protein per harinya. Protein berfungsi penting untuk pertumbuhan jaringan pada janin dan peningkatan suplai darah para ibu hamil.

Jenis-jenis makanan yang berprotein misalnya ikan, ayam, kacang-kacangan serta tahu.

2. Makanan berkalsium


1000 miligram merupakan kalsium yang dibutuhkan bagi para ibu hamil per harinya. Fungsi kalsium sendiri yaitu untuk membangun pembentukan tulang pada janin sekaligus membantu proses tumbuhnya tunas gigi pada bayi.

Makanan yang dikenal sebagai sumber kalsium yaitu susu, telur, tahu serta kubis.

3. Makanan dengan kandungan Zat Besi


Minimal 27 miligram perhari dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi bagi ibu yang sedang hamil. Fungsi zat besi ini sejatinya untuk meningkatkan jumlah volume darah dan mencegah terjadinya gejala anemia bagi ibu yang  hamil.

Makanan penghasil zat besi yaitu bayam, kubis, selada, daging sapi serta aneka jenis daging unggas.

4. Makanan mengandung asam folat


Antara 600 sampai dengan 800 mikrogram adalah kebutuhan asam folat bagi para ibu hamil setiap harinya. Asam folat berperan serta membantu proses pembentukan sistem syaraf pada bayi dan mencegah berbagai kelainan pada syaraf janin.

Makanan yang mengandung asam folat tinggi antara lain bayam, kubis, tomat maupun jeruk.

5. Makanan bervitamin C


Untuk para ibu yang sedang hamil, sebaiknya mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 85 miligram perhari. Vitamin C memiliki fungsi penting pada tubuh guna membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dan meningkatkan proses metabolisme pada ibu hamil.

Makanan yang kaya akan sumber vitamin C antara lain berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, melon, tomat maupun mangga.

6. Perbanyak konsumsi air putih


Selama masa kehamilan. ibu hamil disarankan untuk menghindari minuman kopi dan berbagai minuman bersoda. Sering minum air putih, itu lebih baik.

Air putih sangat bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan makanan serta mencukupi kebutuhan cairan sehat yang dibutuhkan selama proses kehamilan.

7. Jauhi makanan yang membahayakan janin


Untuk olahan daging, masaklah dengan kematangan yang sempurna saat akan dikonsumsi oleh ibu hamil. Tujuannya agar bakteri yang terkandung pada daging mati, sehingga ibu dan bayi pun tetap terjaga kesehatannya.

Itulah jeng beberapa nutrisi yang patut Anda ketahui, khususnya buat wanita yang saat ini sedang berbahagia menikmati masa-masa kehamilan.

Semoga bermanfaat ya…sampai jumpa. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel